SMUP Unpad 2010

>> Sunday, April 11, 2010


Universitas Padjadjaran (Unpad) tetap banyak diminati oleh calon mahasiswa yang ingin menuntut ilmu pada berbagai program studi di lingkungan Unpad.

Dalam beberapa dekade terakhir, angka peminat mencapai lebih dari 60.000 orang. Sementara daya tampung Unpad melalui jalur SNMPTN hanya 3.800 orang. Upaya untuk memenuhi minat masyarakat yang besar dalam mendapatkan pendidikan tinggi berkualitas, sejak Tahun 2006 Unpad menyelenggarakan seleksi mahasiswa baru pada berbagai strata melalui jalur Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP).


Dalam meningkatkan kualitas seleksi mahasiswa baru, maka sistem seleksi dirancang sebagai berikut :

1. Program S1 (lulusan SMTA) menggunakan perpaduan Tes Kemampuan Akademik (TKA)/Achievement Test dan Tes Kemampuan Belajar (TKB);

2. Program S1 (bagi calon mahasiswa yang memiliki tabungan kredit minimum 110 sks) menggunakan TKB dan sistem konversi;

3. D3 dan D4 menggunakan TKA;

4. Program S2 dan S3 menggunakan perpaduan Tes Kemampuan Bahasa Inggris dan TKB advance.


Materi TKA mencakup Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris digunakan untuk


mengukur kemampuan dasar akademik calon mahasiswa, serta TKB dirancang untuk mendeteksi potensi dan peluang calon mahasiswa dalam menempuh studi di perguruan tinggi dengan lebih baik.


Dengan demikian, melalui jalur SMUP diharapkan akan terjaring calon mahasiswa yang cerdas secara akademik, mampu menyelesaikan studi tepat waktu, dan mengembangkan diri secara optimum, baik dalam aspek intelektual maupun emosional.


Jalur Masuk UNPAD


SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah kegiatan seleksi calon mahasiswa untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri di tingkat Nasional dengan Pola ujian tulis dan ujian keterampilan khusus bagi Program Studi tertentu. Penyelenggaraan seleksi ini dilaksanakan oleh Panitia SNMPTN dan ditempatkan di kota-kota yang strategis dimana Perguruan Tinggi Negeri berada.


Ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri diselenggarakan secara serentak dan terpadu pada jam dan hari yang sama dengan soal yang sama di seluruh PTN di Indonesia, sehingga peserta diharapkan dapat memilih lokasi yang terdekat dengan penyelenggaraan kegiatan seleksi tersebut.Proses pengolahan hasil dilakukan secara terpadu di beberapa wilayah yang ditentukan, untuk itu, program studi pilihan

pertama menjadi prioritas penerimaan di PTN yang dipilih, apabila pilihan pertama sudah penuh maka pilihan jatuh pada pilihan kedua, begitu juga untuk IPC yang dapat mengisi pilihan ketiga. Penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi ini terbatas pada daya tampung masing-masing Program Studi, sehingga apabila daya tampung nya sudah terisi penuh maka calon mahasiswa tidak dapat di terima.


Didalam mengisi formulir pendaftaran ataupun Lembar Jawaban Ujian (LJU) hendaknya calon mahasiswa membaca dengan teliti dan seksama semua petunjuk yang tertera dalam buku panduan peserta SNMPTN 2010 ataupun naskah soal. Setiap kesalahan yang terjadi karena tidak mengikuti petunjuk tersebut akan berakibat tidak terbacanya isian oleh komputer. Buku Panduan Peserta SNMPTN 2010 ini merupakan satu-satunya panduan dalam pengisian formulir pendaftaran maupun Lembar Jawaban Ujian. Segala bentuk petunjuk lain menyangkut SNMPTN 2010 yang bertentangan dengan isi buku petunjuk ini dinyatakan tidak benar.


SMUP UNPAD



Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) adalah tes masuk yang diselenggarakan secara langsung oleh Universitas Padjadjaran dengan pola tes tulis berskala nasional.


Proses hasil seleksi dilakukan secara terpusat di Unpad dan pengolahan data dilakukan secara komputerisasi.


Peserta tes diharapkan mencermati semua petunjuk dengan teliti. Semua isian yang tidak mengikuti petunjuk yang telah diberikan, otomatis akan dianggap sebagai isian yang salah.




Persyaratan SMUP UNPAD 2010


Persyaratan


Mohon diperhatikan pada saat pemesanan PIN di Bank, Anda jelaskan jenjang ( S1 / D3 / D4 / S1 110 sks / S2 / S3 / profesi / Spesialis ) yang anda pilih pada Teller Bank. Periksa kembali jenjang yang Anda pilih pada bukti pembayaran dari Bank tersebut. Kesalahan dalam pembelian PIN ( tertukar jenjang ) menjadi tanggung jawab calon peserta.


Nomor Jurnal dan PIN tersebut bersifat sangat rahasia dan tidak boleh diperlihatkan pada orang lain. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi & kehilangan Nomor Jurnal dan PIN tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.


Persyaratan Umum


1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang mendapat persetujuan Dirjen Dikti

2. Pas foto berwarna ukuran 3×4 cm sebanyak 2 lembar (ditempel di lembar Biodata Calon Peserta dan kartu Peserta)


Persyaratan Khusus


A. Program S1 Lulusan SMTA


1. Lulus SMTA (SMA, SMK, MA, Ujian Persamaan, dsb.)

2. Tidak buta warna untuk pilihan program studi kelompok Eksakta


3. Untuk Fakultas Ekonomi kelas berpengantar Bahasa Inggris skor TOEFL minimum 500 yang masih berlaku dalam 2 tahun terakhir


Khusus untuk Program S1 Ilmu Keperawatan


1. Surat Keterangan Sehat dari dokter yang menerangkan sehat fisik, sehat mental dan tidak buta warna

2. Tinggi badan :

* Perempuan min.150 cm

* laki-laki min.160 cm



B. Program S1 dengan Tabungan Kredit Minimum 110 SKS


1. Telah mengikuti pendidikan awal yang sesuai dengan bidangnya dengan tabungan kredit minimum 110 SKS.

2. Berasal dari Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta yang terakreditasi setara dengan akreditasi program studi yang dipilih.

3. Pilihan program studi yang akan diambil SANGAT DISARANKAN sesuai dengan program studi awal yang sudah ditempuh pada jenjang pendidikan sebelumnya, karena akan sangat berpengaruh terhadap lama masa studi pada program studi yang dipilih.

4. Memiliki IPK tidak kurang dari 2,75


C. Program Diploma 3


1. Lulus SMTA (SMA, SMK, MA, Ujian Persamaan, dsb.) untuk semua jurusan


2. Pada saat pendaftaran calon peserta wajib menyerahkan :

1. Satu lembar fotokopi Ijazah/STTB/Surat Kelulusan yang dilegalkan (untuk Angkatan 2009 dan sebelumnya). Untuk Angkatan 2010, menyerahkan 1 (satu) lembar fotokopi rapor semester terakhir yang dilegalkan. Jika peserta diterima di Universitas Padjadjaran, ybs wajib menyerahkan fotokopi ijazah/STTB/Surat kelulusan yang dilegalkan pada saat registrasi.

Peserta yang tidak lulus UAN walaupun lulus SMUP, dinyatakan gugur sebagai calon mahasiswa Unpad.

2. Fotokopi Akte Kelahiran

3. Untuk Program Studi Bahasa, calon mahasiswa tidak gagap dan untuk Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, calon mahasiswa tidak cacat fisik dan tidak gagap, dengan tinggi badan minimum 155 cm (perempuan), dan 160 cm (laki-laki)


D. Program Diploma 4 (D4-Kebidanan)



1. Telah mengikuti pendidikan awal yang sesuai dengan bidangnya dengan tabungan kredit minimum 110 SKS.

2. Berasal dari Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta yang terakreditasi setara dengan akreditasi program studi yang dipilih.

3. Memiliki IPK tidak kurang dari 2,75


E. Program Pascasarjana Magister (S2)


1. Satu lembar Fotokopi Ijazah dan Transkrip Akademik S-1 yang telah dilegalkan oleh

Pimpinan Perguruan Tinggi asal.


2. Lulusan Program Sarjana dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan program studi yang dipilihnya

3. Dua Surat Referensi/Rekomendasi dari Dosen di Strata-1 dan atau dari Pimpinan Instansi

tempat bekerja. Surat Referensi/Rekomendasi ini dimasukkan dalam amplop tertutup (Kecuali : Magister Kenotariatan, Magister Manajemen, dan Magister Psikologi). Format surat Referensi/Rekomendasi Akademik dapat di download disini

4. Disarankan untuk menyertakan satu karya ilmiah sebagai hasil tulisan dari calon peserta (tentatif)

5. Menyertakan Proposal penelitian untuk TESIS (Kecuali : Magister Kenotariatan, Magister Manajemen, Magister Psikologi, dan Ilmu Keperawatan).

6. Surat Pernyataan pelamar dan dukungan dari pimpinan, format pernyataan dapat di download disini.


7. Surat kesanggupan di atas materai untuk membayar biaya pendidikan dan biaya hidup selama pendidikan. Format kesanggupan dapat di download disini

8. Surat Keterangan sehat dari Dokter atau Rumah Sakit Pemerintah

9. Pas foto berwarna terbaru ukuran dua lembar ukuran 4 x 6 cm

10. Surat Keterangan tidak butawarna dari Dokter Spesialis Mata bagi yang memilih Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Farmasi, MIPA, Pertanian, Psikologi, Peternakan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Teknologi dan Industri Pertanian

11. Persyaratan Khusus : Ilmu Kedokteran Dasar (Sarjana bidang IPA yang ada muatan mata kuliah Biologi), Ilmu Hukum (Sarjana Hukum), Psikologi (ada muatan mata kuliah Psikolog), dan Ilmu Ekonomi (BKU Ilmu Akuntansi)

12. Keputusan penerimaan didasarkan syarat-syarat yang ditentukan (kelengkapan administrasi dan seleksi akademik) dan hasil rapat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran


13. Bagi pelamar yang mengajukan beasiswa BPPS, diwajibkan melengkapi persyaratan dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Formulir lamaran BPPS dapat diperoleh dari Perguruan Tinggi pengirim

2. Diberikan kepada dosen PTN/ PTS (Dosen PNS diperbantukan, Dosen Tetap Yayasan yang telah mempunyai NIP Yayasan serta telah

memenuhi angka kredit jabatan akademik dosen minimal Asisten Ahli 100)

3. Formulir lamaran BPPS bagi pelamar dosen PTS harus diketahui/ disetujui oleh kopertis setempat. Formulir pengajuan BPPS dapat di download disini

4. Diberikan kepada mahasiswa program reguler dengan batas usia pada waktu mendaftar maksimal 55 tahun


5. Pengumuman penerima BPPS, sesuai surat dari DIKTI

14. Untuk pelamar dosen, diwajibkan untuk melampirkan SK Pengangkatan sebagai Dosen PTN/ PTS.

Khusus untuk dosen PTS diketahui/disetujui oleh kopertis setempat

15. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi alamat dan kontak disini


F. Program Pascasarjana Doktor (S3)


1. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Akademik S-1 dan S-2 yang telah dilegalkan oleh Pimpinan


Perguruan Tinggi asal. Bagi Ijazah luar negeri harus sudah memperoleh penyesuaian dari DIKTI.

2. Lulusan Program Magister atau Lulusan Program Spesialis I dan Magister Profesi dan/atau persyaratan latar belakang pendidikan sesuai dengan Bidang Ilmu/Program Studi yang dipilihnya

3. Dua Surat Referensi/Rekomendasi dari Guru Besar/Dosen Senior atau dari Pimpinan Instansi tempat bekerja. Surat Referensi/Rekomendasi ini dimasukkan dalam amplop tertutup. Format surat Referensi/Rekomendasi Akademik dapat di download disini

4. Surat Pernyataan pelamar dan dukungan dari pimpinan, format pernyataan dapat di download disini.

5. Disarankan untuk menyertakan satu karya ilmiah sebagai hasil tulisan dari calon peserta (tentatif)

6. Menyertakan Proposal penelitian untuk DISERTASI.


7. Surat kesanggupan di atas materai untuk membayar biaya pendidikan dan biaya hidup selama pendidikan. disini

8. Surat Keterangan sehat dari Dokter atau Rumah Sakit Pemerintah

9. Pas foto berwarna terbaru ukuran dua lembar ukuran 4 x 6 cm

10. Surat Keterangan tidak butawarna dari Dokter Spesialis Mata bagi yang memilih Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Farmasi, MIPA, Pertanian, Psikologi, Peternakan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Teknologi dan Industri Pertanian

11. Keputusan penerimaan didasarkan syarat-syarat yang ditentukan (kelengkapan administrasi dan seleksi akademik) dan hasil rapat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran

12. Bagi pelamar yang mengajukan beasiswa BPPS, diwajibkan melengkapi persyaratan dengan ketentuan sebagai berikut :


1. Formulir lamaran BPPS dapat diperoleh dari Perguruan Tinggi pengirim. Formulir pengajuan BPPS dapat di download disini

2. Diberikan kepada dosen PTN/PTS (Dosen PNS diperbantukan, Dosen Tetap Yayasan yang telah mempunyai NIP Yayasan serta telah

memenuhi angka kredit jabatan akademik dosen minimal Asisten Ahli 100)

3. Formulir lamaran BPPS bagi pelamar dosen PTS harus diketahui/ disetujui oleh kopertis setempat

4. Diberikan kepada mahasiswa program reguler dengan batas usia pada waktu mendaftar maksimal 55 tahun

5. Pengumuman penerima BPPS, sesuai surat dari DIKTI


13. Untuk pelamar dosen, diwajibkan untuk melampirkan SK Pengangkatan sebagai Dosen PTN/ PTS.

Khusus untuk dosen PTS diketahui/disetujui oleh kopertis setempat

14. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi alamat dan kontak disini


G. Program Spesialis, Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)


1. Fotokopi Bukti Pembelian PIN dari Bank

2. Hasil pencetakan isian biodata online di kertas ukuran A4 yang sudah ditempel pas photo berwarna 3 x 4, tanda tangan dan cap jempol kiri


3. Surat Permohonan Pendidikan Spesialis yang bersangkutan diketik atau ditulis tangan sendiri (dengan huruf balok), surat permohonan ditujukan kepada Rektor melalui Dekan Fakultas Kedokteran Unpad,

tembusan ke Koordinator PPDS I Fakultas Kedokteran Unpad sebanyak 3 lembar. Formulir Lamaran dapat di download di sini

4. Fotokopi ijazah Sarjana Kedokteran dan ijazah Profesi yang telah dilegalkan oleh pimpinan Fakultas sebanyak 3 lembar.

5. Fotokopi transkrip Akademik Sarjana Kedokteran dan transkrip Akademik Profesi yang telah dilegalkan oleh pimpinan Fakultas sebanyak 3 lembar.

6. Surat rekomendasi (Untuk Fakultas Kedokteran dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) setempat) yang menyatakan tidak pernah melakukan malpraktek atau melakukan pelanggaran kode etik kedokteran sebanyak 3 lembar.

7. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit Pemerintah termasuk buta warna.


8. Khusus Program Studi Obstetri & Ginekologi dan Ilmu Kesehatan Mata melampirkan hasil laboratorium Hepatitis B dan C sebanyak 3 lembar.

9. Khusus Program Studi Orthopaedi ditambah hasil pemeriksaan HIV sebanyak 3 lembar.

10. Surat Kelakuan Baik (SKCK) dari Kepolisian, bagi ABRI dan POLRI SKCK dari Kesatuan Militer, masing-masing dilegalkan sebanyak 3 lembar.

11. Pegawai Negeri melampirkan fotokopi SK Pertama CPNS dan SK terakhir

12. Khusus bagi dokter yang sudah PTT wajib melampirkan SK Pengangkatan PTT dan Surat Keterangan Selesai Masa Bakti dari Dep.Kes, surat keterangan akan menyelesaikan PTT, bagi yang belum menyelesaikan masa baktinya sebanyak 3 lembar.


13. Bagi TNI, POLRI melampirkan fotokopi Sprin Pertama dan Sprin terakhir sebanyak 3 lembar.

14. Bagi yang dibiayai instansi swasta atau pemerintah harus melampirkan surat pernyataan dibiayai dari intansi yang membiayai sebanyak 3 lembar.

15. Bagi yang pernah mengikuti seleksi PPDS Fakultas Kedokteran tetapi tidak diterima dimohon melampirkan foto copy surat penolakannya dari PPDS yang pernah diikuti sebanyak 3 lembar

16. Surat izin mengikuti pendidikan dari Instansi Depkes, Depdiknas, DepHan, POLRI, Departemen yang bersangkutan/BUMN, sebanyak 3 lembar.

17. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 3 lembar.

18. Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) sebanyak 3 lembar.


19. Indek Prestasi Kumulatif S.Kedokteran & Profesi minimal 2,75 untuk program studi Ilmu Kesehatan Anak, Obstetri & Ginekologi Bedah Anak dan Bedah Urologi bila IPK kurang Dari 2,75, harap mengubungi Program Studi yang diminati dan minta rekomendasi dari Kepala Bagian atau KPS untuk mengikuti seleksi PPDS I.

20. Fotokopi transkrip akademik

21. Khusus bagian Anestesiologi harus melampirkan surat penempatan dari instansi terkait

22. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Telepon : 022-2036549, 2039126, Fax : 022-2036549.


H. Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)



1. Lulus S-1 Jurusan Akuntansi Perguruan Tinggi Perakreditasi.

2. Mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran dengan dilengkapi lampiran-lampiran sebagai berikut :

* Photo copy Akte Kelahiran sebanyak 1 (satu) lembar.

* Photo copy ijazah S-1 sebanyak 2 lembar Jurusan Akuntansi yang telah dilegalisir ditandatangani oleh Dekan (ijazah pendidikan tinggi luar negeri dilegalisir oleh Dikti Depdiknas).

* Photo copy Transkrip Akademik dilegalisir oleh Dekan, minimal IPK 2,50.

* Photo copy ukuran 2×3 = 4 lembar.



I. Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS)


1. Surat Permohonan Pendidikan Spesialis yang bersangkutan diketik atau ditulis tangan sendiri (dengan huruf balok), surat permohonan ditujukan kepada Rektor melalui Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unpad,tembusan ke Koordinator PPDGS I Fakultas Kedokteran Gigi Unpad sebanyak 3 lembar. Formulir Lamaran dapat di download disini

2. Photo copy Akta Kelahiran / Kenal Lahir.

3. Photo copy Izajah Pendidikan Tinggi.

4. Photo copy Transkrip Akademik Pendidikan Tinggi.

5. Surat Persetujuan Atasan bagi mereka yang bekerja pada perguruan tinggi, Instansi pemerintah atau swasta.


6. Surat Pernyataan dari instansi yang memberi beasiswa.

7. Surat Persetujuan Keluarga.

8. Surat Keterangan Kesehatan termasuk buta warna.

9. Surat keterangan Kelakuan Baik.

10. Surat Tanda Registrasi (STR).

11. Surat keterangan TOEFL.


12. Usia pada saat awal perkuliahan untuk program studi Bedah Mulut & Ortodontik Maksimal 35 tahun


Prosedur




PENGISIAN BIODATA ONLINE




Calon peserta yang akan mengisi Biodata online harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :



  1. Simpan dengan baik Nomor Jurnal dan PIN yang Anda miliki, karena Nomor Jurnal dan PIN tersebut akan dipergunakan untuk seluruh proses seleksi SMUP (Pengisian Biodata Online, Pencetakan Kartu Peserta Ujian, dan registrasi mahasiswa baru apabila Anda diterima).


    Mohon diperhatikan pada saat pemesanan PIN di Bank, Anda jelaskan jenjang ( S1 / D3 / D4 / S1 110 sks / S2 / S3 / profesi / Spesialis ) yang anda pilih pada Teller Bank. Periksa kembali jenjang yang Anda pilih pada bukti pembayaran dari Bank tersebut. Kesalahan dalam pembelian PIN ( tertukar jenjang ) menjadi tanggung jawab calon peserta.

    Nomor Jurnal dan PIN tersebut bersifat sangat rahasia dan tidak boleh diperlihatkan pada orang lain. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi & kehilangan Nomor Jurnal dan PIN tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.





  2. Pengisian Biodata hanya diperuntukkan bagi calon peserta yang sudah membeli PIN Pendaftaran

    1. Panduan Pengisian Pendaftaran Online Jenjang Diploma 3 (D3) dapat di download di sini

    2. Panduan Pengisian Pendaftaran Online Jenjang Diploma 4 (D4) dapat di download di sini

    3. Panduan Pengisian Pendaftaran Online Jenjang Sarjana (S1) dapat di download di sini


    4. Panduan Pengisian Pendaftaran Online Jenjang Sarjana S1 110 SKS dapat di download di sini

    5. Panduan Pengisian Pendaftaran Online Jenjang Pascasarjana – Magister S2 dapat di download di sini

    6. Panduan Pengisian Pendaftaran Online Jenjang Pascasarjana – Doktor S3 dapat di download di sini

    7. Panduan Pengisian Pendaftaran Online Jenjang Profesi Akuntansi (PPAk) dapat di download di sini

    8. Panduan Pengisian Pendaftaran Online Jenjang PPDS dapat di download di sini

    9. Panduan Pengisian Pendaftaran Online Jenjang PPDGS dapat di download di sini




  3. Untuk mempercepat proses pengisian Biodata online sebaiknya calon peserta sudah mempersiapkan :

    1. Data pribadi lengkap

    2. Data asal pendidikan (Ijasah, Nilai UAN/Transkrip)

    3. Data pribadi orangtua/wali (alamat, penghasilan – khusus untuk S1 dan D3)

    4. Pilihan program studi dan kemampuan besaran biaya Dana Pengembangan Pendidikan

    5. Men-scan pas foto berwarna 3×4 dengan ukuran maksimal 100 kbyte dan format JPG. Pas foto harus menggunakan pakaian dan pose formal untuk kebutuhan akademik.
      Tata cara mengubah ukuran foto dapat di download disini




  4. Pengisian Biodata hanya diijinkan SATU KALI saja, dan tidak diberikan fasilitas untuk

    melakukan perubahan/perbaikan (EDIT) isian Biodata terhadap data yang sudah diisikan secara online.

    Apabila ada perubahan terhadap data yang sudah diisikan maka calon/orang tua calon harus mengajukan surat permohonan perubahan secara manual dan dapat dikirimkan ke Sekretariat SMUP melalui Kotak Pos SMUP, PO BOX 6776 BDCP, Bandung 40141.

    Contoh Surat Permohonan perubahan Biodata dapat di download di sini.

  5. Setelah pengisian biodata online, calon peserta diharuskan untuk :


    1. Mencetak Biodata dan Pernyataan menggunakan kertas ukuran A4

    2. Paling lambat 7 hari setelah pengisian biodata online, calon peserta diwajibkan

      mengirimkan berkas fisik ke Kotak Pos SMUP, PO BOX 6776 BDCP, Bandung 40141. (Kecuali : PPDS)

    3. Untuk jenjang S1 / D3 / D4 / S1 110 sks, disarankan dalam mengirim berkas biodata menggunakan Amplop standar ukuran 11 x 23 cm




  6. Pengisian biodata online dan download KARTU PESERTA dapat klik link di sini :

    http://pendaftaran.unpad.ac.id


    Sebelum men-download Kartu Peserta,pastikan Anda telah meng-instal Adobe Reader


    Klik disini untuk men-download Adobe Reader




  7. Informasi lebih lanjut :

    Sekertariat SMUP

    Kampus Universitas Padjadjaran

    Jl. Dipati Ukur No.35 Bandung

    Telp. 022-2533737 (Hunting)

    http://www.smup.unpad.ac.id.


    Email : smup@unpad.ac.id

    Yahoo Messenger : smupunpad@yahoo.com


Tempat Ujian


Tempat ujian tidak menjadi kriteria penerimaan. Peserta ujian tidak perlu ujian di tempat program studi atau universitas yang menjadi pilihannya. Peserta ujian boleh memilih program studi di mana saja. Oleh karena itu pilihlah tempat ujian yang paling dekat atau paling hemat.


Daya Tampung Lulusan SMA


  1. Program Eksakta
    No Fakultas Nama Program Studi Daya Tampung
    1 Kedokteran Pendidikan Dokter 50
    2 MIPA Matematika 40
    Kimia 30
    Fisika 30
    Biologi 40
    Statistik 50
    3 Teknik Geologi Teknik Geologi 80
    4 Farmasi Farmasi 80
    5 Pertanian Agroteknologi 120
    Agribisnis 75
    6 Kedokteran Gigi Pendidikan Dokter Gigi 40
    7 Psikologi Psikologi 90
    8 Peternakan Ilmu Peternakan 100
    9 Keperawatan Ilmu Keperawatan 50
    10 Perikanan dan Ilmu Kelautan Perikanan 60
    Ilmu Kelautan 30
    11 Teknologi Industri Pertanian Teknologi Pangan 50
    Teknik Pertanian 50
  2. Program Non Eksakta
    No Fakultas Nama Program Studi Daya Tampung
    1 Hukum Ilmu Hukum (Kelas Pagi) 250
    Ilmu Hukum (Kelas Sore) 250
    2 Ekonomi Akuntansi 85
    Ekonomi Pembangunan 70
    Manajemen 85
    Akuntansi (Kelas Berbahasa Inggris) 25
    Ekonomi Pembangunan (Kelas Berbahasa Inggris) 25
    Manajemen (Kelas Berbahasa Inggris) 25
    3 Ilmu Sosial dan Politik Ilmu Administrasi Negara 70
    Ilmu Hubungan Internasional 65
    Ilmu Kesejahteraan Sosial 40
    Ilmu Pemerintahan 65
    Antropologi Sosial 40
    Ilmu Administrasi Niaga 65
    4 Sastra Sastra Indonesia 50
    Sastra Daerah (Sunda) 10
    Ilmu Sejarah 10
    Sastra Inggris 150
    Sastra Perancis 50
    Sastra Jepang 150
    Sastra Rusia 10
    Sastra Jerman 50
    Sastra Arab 10
    5 Ilmu Komunikasi Ilmu Komunikasi 360
    Ilmu Perpustakaan 80



Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

  © Kolom Panduan by Good Bloggers

Back to TOP