Kunci Jawaban UN 2010 Dikirim via Hp

>> Thursday, February 3, 2011

Dari kasak-kusuk siswa yang mengikuti UN kemarin, terungkap bahwa ada kunci jawaban yang dikirim seseorang lewat handphone. Para siswa meyakini kunci jawaban yang beredar itu benar, sedang pihak guru tidak memercayainya. Hasil penelusuran Padang Ekspres (grup JPNN) menemukan, kunci jawaban yang bocor untuk mata ujian Biologi dan Sosiologi di SMA Adabiah, Sumbar.

Kejadian terungkap saat sekitar pukul sekitar pukul 10.30 WIB, sekelompok peserta ujian bubar dari ruangan dan serentak menuju kantin sekolah tersebut. Saat berkumpul, terlihat mereka membicarakan satu hal yang penting. Setelah didekati, ternyata pembicaraan mereka terkait kunci jawaban yang dikirimkan oleh teman mereka melalui telepon gengam salah seorang temannya. Jawaban tersebut di catat para siswa di atas kertas kecil, yang rencananya akan dilihat saat ujian berlangsung.

Dari pengakuan salah seorang siswi SMA Adabiah yang tidak mau menyebutkan namanya mengatakan, jawaban tersebut masuk ke HP- nya setelah ujian Bahasa Indonesia berlangsung. Setelah mendapatkan kunci jawaban tersebut, ia membagikan kunci jawaban itu kepada teman-temannya. Dia cerita, teman yang mengirim kunci jawaban itu berlainan sekolah. "Saya percaya kunci tersebut benar, karena teman saya itu mengaku membeli kunci tersebut kepada seseorang yang dipercayainya, karena UN tahun lalu, temannya juga membeli kepada orang itu," ujar siswi yang menggunakan jilbab tersebut.

Setelah koran ini berusaha untuk meminta kunci jawaban tersebut, para siswa dan siswi yang asik mencatat kunci jawaban itu membubarkan diri, dan mereka tidak mau memberikan kunci jawaban yang ada pada mereka.

Dimintai tanggapan mengenai hal itu, Kepala SMA Adabiah, Akhiar, mengatakan, untuk kunci jawaban yang beredar tersebut ia tidak bisa mengomentari. Menurutnya, kunci tersebut bisa datang dari mana saja, dan belum tentu kunci jawaban tersebut merupakan jawaban dari soal yang akan dikerjakan para siswa. Dia menjelaskan, sebulan sebelum ujian berlangsung pihaknya telah mengimbau siswa untuk tidak mempercayai kunci yang beredar. Saat ujian semua handphone harus dikumpulkan dan dimatikan. Jadi, katanya, tidak ada peluang bagi siswa dan siswi untuk melihat kunci jawaban tersebut.

Akhiar menjelaskan, untuk melakukan pengawasan UNU juga melibatkan pihak luar, yakni tim dari Universitas Negeri Padang, dan tidak dilakukan oleh guru sekolah. Saat ini jumlah siswa SMA Adabiah yang mengikuti UN berjumlah 736 orang. Sementara pengawas ujian di SMA Adabiah berjumlah 78 orang.

Masalah kunci jawaban UN yang bocor juga terjadi di tempat lain. Para siswa menunggu bocoran dari "Mr K". Rani dan Sisca (nama samaran) cerita, mendapat sms dari nomor yang tak dikenal sesuai dengan kelompok ujiannya (A dan B). Dengan strategi masing-masing, siswa diam-diam menyalin kunci jawaban. Ada yang langsung menyalin ke LJK, ada pula yang menyalinnya ke kertas kecil dan berbagai trik lainnya.

Semula Rani dan Sisca enggan bicara. Namun, setelah dipastikan identitas Rani tidak akan dibocorkan, maka akhirnya ia mau angkat bicara. Rani mengungkapkan dia berhasil menyelesaikan ujian kemarin dengan sukses karena mendapatkan kunci dari "Mr K" yang menurutnya banyak betul. Memang tidak 100 persen betul, namun paling tidak mencapai sekitar 70 persen betul. Cerita Rani dibenarkan Cantika (juga nama samaran). "Kalau aku sih lebih waspada, aku cek tiap-tiap soal. Nggak mau terima gitu aja. Iya kalau bener, kalau nggak kan repot," ujarnya.

Menurut mereka, bocoran jawaban itu sangat membantunya. Terlebih, ujian Bahasa Indonesia memang cukup sulit karena banyak pilihan yang meragukan. Mereka juga berharap ada bocoran jawaban lagi di ujian hari berikutnya.

Kami juga merekomendasikan Latihan Soal UN 2011 untuk SMA/MA, SMP/MTs, SD/MI, SMK, UN Paket (Ujian Persamaan) yang dibuat oleh para penulis handal (setiap jenjang rata-rata diberikan 4 kaket latihan disertai jawaban atau pembahasannya, Anda boleh mengunduhnya disini.

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

  © Kolom Panduan by Good Bloggers

Back to TOP