Cara Memilih Jurusan Yang Tepat di Perguruan Tinggi

>> Wednesday, February 2, 2011

Berhati-hatilah dalam memilih program studi yang diminati, jika ingin diterima seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN, baik melalui melalui jalur undangan nasional maupun ujian tulis.

Peran guru BP (bimbingan dan Penyuluhan) sangat penting atau konsultan yang handal yang bisa membingming dengan baik dan benar untuk menyadarkan siswa pada pilihan program studinya. Paling tidak, sejak awal sekolah harus memahami peta kemampuan siswa, serta jumlah calon mahasiswa di sebuah prodi.


Strategi Snmptn Jalur Undangan

Ingat Salah dalam memilih, bisa gagal.Semua proses dilakukan oleh mesin komputer yang sudah terprogram. Semua berjalan dengan data yang sudah dimasukkan oleh sekolah. Selain itu, penentuan siapa yang akan diterima lewat jalur ini ditentukan oleh Pantukir (Panitia Penentu Akhir) dalam rapat bersama rektor PTN se Indonesia di Kemendiknas Jakarta.

Bisa jadi siswa dengan ranking I di sekolah malah tidak diterima jalur tanpa tes ini, sementara siswa dengan ranking tidak terlalu bagus, malah diterima. Tentu karena prodi pilihannya berbeda.

Pada sistem baru ini siswa bisa memilih dua PTN di antara 60 PTN se Indonesia. Setiap PTN bisa memilih tiga prodi. Tentu pilihan pertama akan menjadi prioritas utama penyaringan. Misalnya pilihan pertama di UNS prodinya Pendidikan Kedokteran, pilihan kedua Teknik, dan pilihan ketiga Pertanian. Maka nilai siswa akan masuk ke saringan pertama bersama pendaftar lainnya di Pendidikan Kedokteran. Jika tidak masuk, baru ke prioritas pilihan kedua, dan seterusnya.

Jika pada PTN pertama tidak masuk semua, baru dimasukkan ke PTN kedua, misalnya Undip. Prosesnya juga sama, disaring pada pilihan pertama dulu di Undip, seterusnya sampai prioritas pilihan prodi ketiga.

Di sini pentingnya harus tahu berapa calon mahasiswa yang diambil lewat jalur undangan ini, di setiap prodi di sebuah PTN. Jangan terlalu memaksa harus memilih prodi tertentu hanya karena senang. Tetapi lihat nilai dan daya tampung.

Melalui laman (website) http://www.undangan.snmptn.ac.id, seluruh PTN akan memajang berapa calon mahasiswa yang diterima. Harap dipertimbankan pula, lanjutnya, pendaftarnya se Indonesia, sehingga harus tepat memilih. Tepat saja masih belum tentu diterima, apalagi asal-asalan. Jadi koordinasi antara siswa, orang tua, guru BP dan kepala sekolah sangat diperlukan. Jangan menyesal kemudian.

Strategi Snmptn Jalur Ujian Tulis / Keterampilan

Dalam jalur ini kehari-hatian tetap dibutuhkan dengan didasari beberapa strategi antara lain :

Pilihlah Jurusan yang sesuai dengan minatmu, jangan tergoda karena hanya pengaruh teman atau lingkungan.

Sesuaikan tingkat kesulitan masuknya dengan kemampuanmu.

Kenali seberapa kuatkah kemampuan pesaingmu, yakni peserta Snmptn yang memilih jurusan yang sama di Perguruan Tinggi yang tidak berbeda.

Berlatihlah soal-soal secara terarah dan terpadu. Silakan ambil latihan Soal Snmptn 2011 disini.

Ok kakak doakan semoga kamu sukses!



Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

Loading...

  © Kolom Panduan by Good Bloggers

Back to TOP