Download Kumpulan Soal Matematika UASBN

>> Friday, February 4, 2011

Matematika dalam UN SD / UASBN SD ternyata masih menyulitkan siswa. Apa buktinya? Salah satu buktinya bahwa hampir tiap sekolah memasang batas standar kelulusan minimal (SKM) sangat rendah. Jauh lebih rendah dari dua mata pelajaran lainnya, yaitu Bahasa Indonesia dan IPA.Banyak guru khawatir, pelajaran ini bisa menjatuhkan siswa.

Di sekolah yang sarana prasarananya masih di bawah Sekolah Standar Nasional (SSN) ini, nilai SKM Matematika ditentukan hanya 3,3. Jauh lebih rendah dari dua mata pelajaran lainnya yaitu IPA dengan nilai 4 dan Bahasa Indonesia sebesar 6. Dari hasil pra-UASBN 15 persen dari 38 siswa di sekolah ini capaian nilainya masih mengkhawatirkan, dekat batas kelulusan minimal ini.

Berdasarkan ketentuan Pedoman Operasional Standar (POS) UASBN 2009/2010, nilai kelulusan UASBN ditentukan dari masing-masing sekolah. Kelulusan ditetapkan melalui rapat dewan guru yang mencakup nilai minimum tiap mata pelajaran dan nilai rata-rata ketiga mata pelajaran. Kelulusan UASBN ini digunakan sebagai salah satu pertimbangan penentuan kelulusan siswa dari satuan pendidikan.

Tahun 2009, pembuatan soal Matematika di UASBN juga melibatkan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI). Hal ini adalah sebuah langkah terobosan.

Ada keyakinan bahwa kualitas soal Matematika UASBN lebih baik dari ujian nasional, baik di tingkat SMP maupun SMA sederajat. Keterlibatan daerah pun lebih banyak, yaitu 75 porsi pembuatan materi soal berada di provinsi sedangkan sisanya di pusat. Berdasarkan hasil pemantauan, kualitas soal Matematika UASBN lebih variatif dengan ragam tingkat kesulitan.


Bagaimana dengan UN SD 2011? Semoga saja lebih mudah dari UASBN. Tapi jangan terlalu optimistis bekali juga diri kalian dengan Latihan Soal UN dan juga berusaha mengenal Soal UN Matematika tingkat SD/MI tahun-tahun yang sebelumnya.

Silakan Download Koleksi Soal Matematika UN SD/MI dari UN tahun 2000 s.d. 2009 disini.


Kami juga merekomendasikan Latihan Soal UN 2011 untuk SMA/MA, SMP/MTs, SD/MI, SMK, UN Paket (Ujian Persamaan) yang dibuat oleh para penulis handal (setiap jenjang rata-rata diberikan 4 kaket latihan disertai jawaban atau pembahasannya, Anda boleh mengunduhnya disini.

Related Posts by Categories



Post a Comment

  © Kolom Panduan by Good Bloggers

Back to TOP