Bank Soal Bahasa Inggris UN SMP

>> Friday, February 4, 2011

Soal Bahasa Inggris UN SMP/MTs tampaknya tidak terlalu menyulitkan dalam Ujian Nasional. Tetapi tentu saja janganlah terlalu optimistis, adik-adik pun harus mempunyai tips dan trik nya. Ini ada tips mengerjakan Soal Bahasa Inggris UN SMP dalam menjawab soal-soal cerita dalam Bahasa Inggris.


  1. Kebanyakan siswa sering kali terbalik atau keliru dalam menggunakan kalimat aktif dan pasif. Hal ini kerap terjadi karena dalam perkataan, siswa menggunakan Bahasa Inggris, tetapi dalam pikirannya masih menggunakan Bahasa Indonesia.


  2. Structure dan grammar sering kali terlihat kacau. Salah satu penyebab yang cukup besar adalah siswa terlupa atau terlewat dalam memerhatikan pemakaian present atau past tense.


Untuk persiapan menjawab soal bahasa Inggris di UN SMP/MTs tahun 2011, silakan Download Koleksi Soal Bahasa Inggris UN SMP dari UN tahun 2000 s.d. 2009 disini.


Kami juga merekomendasikan Latihan Soal UN 2011 untuk SMA/MA, SMP/MTs, SD/MI, SMK, UN Paket (Ujian Persamaan) yang dibuat oleh para penulis handal (setiap jenjang rata-rata diberikan 4 kaket latihan disertai jawaban atau pembahasannya, Anda boleh mengunduhnya disini.
Selengkapnya...

Koleksi Soal Bahasa Inggris UN SMA

Pada Ujian Nasional SMA/MA kesan sulit dalam mengerjakan soal Bahasa Inggris UN SMA tidak terlalu banyak dibandingkan dengan soal Bahasa Indonesia dan Matematika. Tetapi bukan berarti tidak ada kesulitan. Hal-hal apa saja yang biasanya membuat siswa kesulitan dalam menjawab soal-soal cerita dalam Bahasa Inggris?

Bagi mereka yang akan menghadapi soal-soal Bahasa Inggris pada ujian nasional atau tes masuk sekolah, beberapa saran dari Direct English ini bisa dimanfaatkan. Saran yang sederhana, memang, tetapi siswa kerap lupa dan melewatkannya.


  1. Kebanyakan siswa sering kali terbalik atau keliru dalam menggunakan kalimat aktif dan pasif. Hal ini kerap terjadi karena dalam perkataan, siswa menggunakan Bahasa Inggris, tetapi dalam pikirannya masih menggunakan Bahasa Indonesia.


  2. Structure dan grammar sering kali terlihat kacau. Salah satu penyebab yang cukup besar adalah siswa terlupa atau terlewat dalam memerhatikan pemakaian present atau past tense.


Untuk persiapan menjawab soal bahasa Inggris di UN SMA/MA tahun 2011, silakan Download Koleksi Soal Bahasa Inggris UN SMA dari UN tahun 2000 s.d. 2009 disini.


Kami juga merekomendasikan Latihan Soal UN 2011 untuk SMA/MA, SMP/MTs, SD/MI, SMK, UN Paket (Ujian Persamaan) yang dibuat oleh para penulis handal (setiap jenjang rata-rata diberikan 4 kaket latihan disertai jawaban atau pembahasannya, Anda boleh mengunduhnya disini.
Selengkapnya...

Download Kumpulan Soal Matematika UASBN

Matematika dalam UN SD / UASBN SD ternyata masih menyulitkan siswa. Apa buktinya? Salah satu buktinya bahwa hampir tiap sekolah memasang batas standar kelulusan minimal (SKM) sangat rendah. Jauh lebih rendah dari dua mata pelajaran lainnya, yaitu Bahasa Indonesia dan IPA.Banyak guru khawatir, pelajaran ini bisa menjatuhkan siswa.

Di sekolah yang sarana prasarananya masih di bawah Sekolah Standar Nasional (SSN) ini, nilai SKM Matematika ditentukan hanya 3,3. Jauh lebih rendah dari dua mata pelajaran lainnya yaitu IPA dengan nilai 4 dan Bahasa Indonesia sebesar 6. Dari hasil pra-UASBN 15 persen dari 38 siswa di sekolah ini capaian nilainya masih mengkhawatirkan, dekat batas kelulusan minimal ini.

Berdasarkan ketentuan Pedoman Operasional Standar (POS) UASBN 2009/2010, nilai kelulusan UASBN ditentukan dari masing-masing sekolah. Kelulusan ditetapkan melalui rapat dewan guru yang mencakup nilai minimum tiap mata pelajaran dan nilai rata-rata ketiga mata pelajaran. Kelulusan UASBN ini digunakan sebagai salah satu pertimbangan penentuan kelulusan siswa dari satuan pendidikan.

Tahun 2009, pembuatan soal Matematika di UASBN juga melibatkan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI). Hal ini adalah sebuah langkah terobosan.

Ada keyakinan bahwa kualitas soal Matematika UASBN lebih baik dari ujian nasional, baik di tingkat SMP maupun SMA sederajat. Keterlibatan daerah pun lebih banyak, yaitu 75 porsi pembuatan materi soal berada di provinsi sedangkan sisanya di pusat. Berdasarkan hasil pemantauan, kualitas soal Matematika UASBN lebih variatif dengan ragam tingkat kesulitan.


Bagaimana dengan UN SD 2011? Semoga saja lebih mudah dari UASBN. Tapi jangan terlalu optimistis bekali juga diri kalian dengan Latihan Soal UN dan juga berusaha mengenal Soal UN Matematika tingkat SD/MI tahun-tahun yang sebelumnya.

Silakan Download Koleksi Soal Matematika UN SD/MI dari UN tahun 2000 s.d. 2009 disini.


Kami juga merekomendasikan Latihan Soal UN 2011 untuk SMA/MA, SMP/MTs, SD/MI, SMK, UN Paket (Ujian Persamaan) yang dibuat oleh para penulis handal (setiap jenjang rata-rata diberikan 4 kaket latihan disertai jawaban atau pembahasannya, Anda boleh mengunduhnya disini.

Selengkapnya...

Bank Soal Matematika UN SMP

Pada UN SMP/MTs tahun 2009 dan pada Ujian Nasional SMP/MTs 2010 tidak terdengar banyak keluhan tentang kesulitan soal Matematika tingkat SMP/MTs pada Ujian nasional. Matematika memang sering dianggap momok, ilmu yang sulit dipelajari dan membosankan. Tetapi, dengan pendekatan berbeda seperti mamakai bahasa dan logika pada soal cerita, Matematika justeru ilmu yang menyenangkan.
Dengan membiasakan diri memakai metode pembelajaran bahasa dan logika pada soal cerita, kemampuan siswa tidak lagi dibentuk dengan cara hanya menghapal rumus atau menghitung.

Cara sederhana dalam menawarkan metode pembelajaran kepada para siswa. Di Amerika Serikat (AS) misalnya, kemampuan bahasa adalah nomor satu, sementara Matematika nomor dua.

Tidak mengherankan, penekanan itu membuat siswa di AS lebih mudah memahami Matematika.

Dipandang perlu menerjemahkan materi-materi pelajaran Matematika dalam konsep teori bahasa, baik itu dalam Bahasa Indonesia maupun Inggris. Lain halnya di Singapura,di sana, guru menerjemahkan aljabar dengan gambar-gambar dan teks yang kerap mereka sebut dengan nama 'unit'. Karena bahasa berfungsi sebagai alat pemahaman paling mudah dan sederhana, soal cerita bisa menyesuaikan berbagai kasus Matematika, sementara jika tetap dengan rumus belum tentu siswa bisa memahaminya.


Kurikulum adalah kendala, tampaknya hal tersebut cukup membuat metode ini belum bisa sepenuhnya diterapkan. Di Sevilla School, misalnya, selain menggunakan kurikulum Cambridge, pengajaran Matematika juga masih berbekal pegangan dari kurikulum Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Pengajaran matematika di Indonesia sepertinya masih dipenuhi beragam kegiatan yang bersifat verbalistik dan mekanis. Materi dan strategi pembelajaran yang dipilih terarah dan terfokus pada upaya peningkatan kemampuan intelektual siswa, yaitu cara berpikir kritis dan kreatif.

Wah ngomong-ngmong sudah siapkah kamu UN Matematika? siap atau belum siap, silakan Download Koleksi Soal Matematika UN SMP/MTs dari UN tahun 2000 s.d. 2009 disini.


Kami juga merekomendasikan Latihan Soal UN 2011 untuk SMA/MA, SMP/MTs, SD/MI, SMK, UN Paket (Ujian Persamaan) yang dibuat oleh para penulis handal (setiap jenjang rata-rata diberikan 4 kaket latihan disertai jawaban atau pembahasannya, Anda boleh mengunduhnya disini.

Selengkapnya...

Koleksi Soal Matematika UN SMA

Pada UN 2009 memasuki hari ketiga pelaksanaan ujian nasional, kebanyakan siswa stres seusai menghadapi mata pelajaran matematika. Mereka mengaku tertekan sehingga tidak bisa mengerjakan keseluruhan soal. Beberapa siswa hanya mengerjakan sebagian soal dari seluruhnya 40 soal. Tetapi lain halnya pada Ujian Nasional SMA Tahun 2010, anggapan tersebut tak berlaku lagi. Matematika tak lagi menjadi mata pelajaran yang paling ditakuti dalam UN.

Setidaknya, gambaran itulah yang terlihat pada siswa-siswa sementara SMA di Jakarta.

Malah katanya soal Matematika IPS tadi lebih gampang lagi. Bahkan ada anak-anak IPS yang yakin banget, ada yang bilang semoga dapat 100 semua ya Matematikanya.

Bagaimana dengan UN 2011? Semoga saja lebih mudah dari UN sebelumnya. Tapi jangan terlalu optimistis bekali juga diri kalian dengan Latihan Soal UN dan juga berusaha mengenal Soal UN Matematika tingkat SMA/MA tahun-tahun yang sebelumnya.

Silakan Download Koleksi Soal Matematika UN SMA/MA dari UN tahun 2000 s.d. 2009 disini.


Kami juga merekomendasikan Latihan Soal UN 2011 untuk SMA/MA, SMP/MTs, SD/MI, SMK, UN Paket (Ujian Persamaan) yang dibuat oleh para penulis handal (setiap jenjang rata-rata diberikan 4 kaket latihan disertai jawaban atau pembahasannya, Anda boleh mengunduhnya disini.

Selengkapnya...

Ini Dia Ponsel Termahal Dunia

Ponsel yang memegang rekor Termahal Dunia dipegang oleh telepon GoldVish. Ponsel GoldVish terbuat dari emas 18 karat putih dan fitur 1.800 berlian dengan total 120 karat, harga 1 juta euro, atau sekitar 1,3 juta dollar, membukukan dirinya sebagai pemegang rekor dunia untuk ponsel Paling Mahal .


GoldVish yang berpusat di Jenewa memiliki banyak ponsel mahal di lineup, termasuk model dengan plating emas dan kasus-berlian bertaburan.

GoldVish Luxury Communications adalah produsen telepon seluler GSM mewah. Ia mengkhususkan diri dalam produksi kerajinan tangan dan dukungan pasca-pembelian.
Selengkapnya...

Orang Terkaya di Dunia 2011

Siapakah orang yang terkaya di dunia pada tahun 2011? Jawabannya ternyata Carlos Slim Helu tetap orang paling kaya di dunia untuk tahun 2011. Ia adalah seorang tokoh terkemuka bisnis Lebanon-Meksiko, dermawan dan ketua serta CEO Telmex, América Móvil. Kepemilikan luas Nya dalam sejumlah besar perusahaan Meksiko melalui konglomerat-Nya, Grupo Carso, SA de CV, Carso mewakili sekitar 18 persen dari Slim's $ 65 milyar kepemilikan publik, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Sekitar dua-pertiga dari kekayaan yang berasal dari saham Slim di Amerika Movil SAB, terbesar di Amerika Latin operator ponsel meningkat 26 persen pada tahun 2010. Kekayaan bersih Nya sekarang diperkirakan mencapai 74,5 milyar dolar AS - 15,5 miliar lebih dari tahun lalu.

Akhir-akhir ini Carlos Slim Helu meluncurkan rencana investasi senilai USD8,3 miliar (Rp74,7 triliun) sepanjang tahun ini. Investasi sebesar itu akan ditanamkan di 19 negara yang kebanyakan di Amerika Latin.

"Kami akan berinvestasi di semua negara di mana kami ada, sekira 19 negara,” kata Slim di Meksiko City, dilansir dari AFP, Selasa (1/2/2011).

Orang terkaya di dunia versi majalah Forbes yang memiliki kekayaan USD53,5 miliar itu menambahkan, dari total investasi sebanyak USD3,66 miliar di antaranya ditujukan untuk mengembangkan bisnis di Meksiko.

Porsi terbesar atau sekira 40 persen dari dana ekspansi yang disiapkannya untuk sektor telekomunikasi. Sektor lainnya adalah proyek infrastruktur jalan, pertambangan, pengolahan air dan universitas digital. Menurut Slim, di sektor telekomunikasi perusahaannya, Telmex, akan mengembangkan bisnis internet berkecepatan tinggi.

Di luar Meksiko, investasi Slim Helu akan digelontorkan di Brasil senilai USD2,5 miliar dengan fokus utama juga di sektor telekomunikasi memanfaatkan besarnya jumlah penduduk Negeri Samba. Sementara negara lainnya yang akan dimasuki Slim adalah Kolombia, Peru, Chile dan Argentina.

"Di Brasil, kami ada di sana. Artinya kami perlu melakukan akselerasi dalam investasi untuk bersaing dengan perusahaan negara. Kami telah membuat jaringan sendiri agar bisa bersaing demgan mereka,” kata Slim.

Di Brasil, Slim memiliki saham di perusahaan telekomunikasi Embratel. Slim meyakini, Amerika Latin berkembang seperti Asia yang diuntungkan oleh situasi perekonomian dunia.

Saking yakinnya dengan pasar di kampung halamannya, dia bahkan menyebutkan bahwa siapa yang tidak pernah berinvestasi di Amerika Latin, mereka akan ketinggalan. Namun dia menolak adanya dampak negatif akibat maraknya kejahatan obat-obatan terlarang terhadap bisnisnya.
Selengkapnya...

Penyelenggaraan UN SMA-SMP Dianggap Mulus

>> Thursday, February 3, 2011

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menyatakan, penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-nusantara yang digelar 22-26 Maret untuk SMA dan 29 Maret-1 April untuk SMP ini berjalan dengan lancar dan mulus.

Hal ini disampaikan Anggota BSNP Teuku Ramli Zakaria dalam keterangan pers di Depdiknas, Kamis (1/4/2010). "UN berjalan dengan lancar, baik dengan berbagai perbaikan," tuturnya.

Kalaupun ada penyimpangan yang terjadi, lanjutnya, tidak terlalu signifikan. Jumlah penyimpangan yang terjadi pun makin menurun dari tahun-tahun sebelumnya. Lagipula, Ramli menegaskan Mendiknas sudah langsung menginstruksikan pengusutan dan pemberian tindakan kepada pihak-pihak yang terlibat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Humas PIH Setiono mengatakan berdasarkan catatan Posko UN, ada sekitar 1.023 pesan singkat yang masuk ke layanan posko, 41 surat elektronik dan satu faksimili.

Sementara itu, informasi pelanggaran yang disampaikan media elektronik mencapai 1.891 informasi dan media cetak sebanyak 237. Pengaduan dan informasi yang paling menonjol terkait gangguan pelaksanaan UN, meliputi kerusakan soal, tertukarnya soal UN di tingkat SMA, laporan dana belum cair dan terkait daerah-daerah yang terkena banjir. Selain itu, juga terkait dugaan kebocoran UN.

Kami juga merekomendasikan Latihan Soal UN 2011 untuk SMA/MA, SMP/MTs, SD/MI, SMK, UN Paket (Ujian Persamaan) yang dibuat oleh para penulis handal (setiap jenjang rata-rata diberikan 4 kaket latihan disertai jawaban atau pembahasannya, Anda boleh mengunduhnya disini.
Selengkapnya...

Kunci Jawaban UN 2010 Dikirim via Hp

Dari kasak-kusuk siswa yang mengikuti UN kemarin, terungkap bahwa ada kunci jawaban yang dikirim seseorang lewat handphone. Para siswa meyakini kunci jawaban yang beredar itu benar, sedang pihak guru tidak memercayainya. Hasil penelusuran Padang Ekspres (grup JPNN) menemukan, kunci jawaban yang bocor untuk mata ujian Biologi dan Sosiologi di SMA Adabiah, Sumbar.

Kejadian terungkap saat sekitar pukul sekitar pukul 10.30 WIB, sekelompok peserta ujian bubar dari ruangan dan serentak menuju kantin sekolah tersebut. Saat berkumpul, terlihat mereka membicarakan satu hal yang penting. Setelah didekati, ternyata pembicaraan mereka terkait kunci jawaban yang dikirimkan oleh teman mereka melalui telepon gengam salah seorang temannya. Jawaban tersebut di catat para siswa di atas kertas kecil, yang rencananya akan dilihat saat ujian berlangsung.

Dari pengakuan salah seorang siswi SMA Adabiah yang tidak mau menyebutkan namanya mengatakan, jawaban tersebut masuk ke HP- nya setelah ujian Bahasa Indonesia berlangsung. Setelah mendapatkan kunci jawaban tersebut, ia membagikan kunci jawaban itu kepada teman-temannya. Dia cerita, teman yang mengirim kunci jawaban itu berlainan sekolah. "Saya percaya kunci tersebut benar, karena teman saya itu mengaku membeli kunci tersebut kepada seseorang yang dipercayainya, karena UN tahun lalu, temannya juga membeli kepada orang itu," ujar siswi yang menggunakan jilbab tersebut.

Setelah koran ini berusaha untuk meminta kunci jawaban tersebut, para siswa dan siswi yang asik mencatat kunci jawaban itu membubarkan diri, dan mereka tidak mau memberikan kunci jawaban yang ada pada mereka.

Dimintai tanggapan mengenai hal itu, Kepala SMA Adabiah, Akhiar, mengatakan, untuk kunci jawaban yang beredar tersebut ia tidak bisa mengomentari. Menurutnya, kunci tersebut bisa datang dari mana saja, dan belum tentu kunci jawaban tersebut merupakan jawaban dari soal yang akan dikerjakan para siswa. Dia menjelaskan, sebulan sebelum ujian berlangsung pihaknya telah mengimbau siswa untuk tidak mempercayai kunci yang beredar. Saat ujian semua handphone harus dikumpulkan dan dimatikan. Jadi, katanya, tidak ada peluang bagi siswa dan siswi untuk melihat kunci jawaban tersebut.

Akhiar menjelaskan, untuk melakukan pengawasan UNU juga melibatkan pihak luar, yakni tim dari Universitas Negeri Padang, dan tidak dilakukan oleh guru sekolah. Saat ini jumlah siswa SMA Adabiah yang mengikuti UN berjumlah 736 orang. Sementara pengawas ujian di SMA Adabiah berjumlah 78 orang.

Masalah kunci jawaban UN yang bocor juga terjadi di tempat lain. Para siswa menunggu bocoran dari "Mr K". Rani dan Sisca (nama samaran) cerita, mendapat sms dari nomor yang tak dikenal sesuai dengan kelompok ujiannya (A dan B). Dengan strategi masing-masing, siswa diam-diam menyalin kunci jawaban. Ada yang langsung menyalin ke LJK, ada pula yang menyalinnya ke kertas kecil dan berbagai trik lainnya.

Semula Rani dan Sisca enggan bicara. Namun, setelah dipastikan identitas Rani tidak akan dibocorkan, maka akhirnya ia mau angkat bicara. Rani mengungkapkan dia berhasil menyelesaikan ujian kemarin dengan sukses karena mendapatkan kunci dari "Mr K" yang menurutnya banyak betul. Memang tidak 100 persen betul, namun paling tidak mencapai sekitar 70 persen betul. Cerita Rani dibenarkan Cantika (juga nama samaran). "Kalau aku sih lebih waspada, aku cek tiap-tiap soal. Nggak mau terima gitu aja. Iya kalau bener, kalau nggak kan repot," ujarnya.

Menurut mereka, bocoran jawaban itu sangat membantunya. Terlebih, ujian Bahasa Indonesia memang cukup sulit karena banyak pilihan yang meragukan. Mereka juga berharap ada bocoran jawaban lagi di ujian hari berikutnya.

Kami juga merekomendasikan Latihan Soal UN 2011 untuk SMA/MA, SMP/MTs, SD/MI, SMK, UN Paket (Ujian Persamaan) yang dibuat oleh para penulis handal (setiap jenjang rata-rata diberikan 4 kaket latihan disertai jawaban atau pembahasannya, Anda boleh mengunduhnya disini.
Selengkapnya...

Peninjauan Ulang Pencetakan Materi UN

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh akan mempertimbangkan sentralisasi pencetakan materi Ujian Nasional (UN). Mendiknas menilai pencetakan dan distribusi materi UN yang saat ini diserahkan ke masing-masing provinsi, perlu ditinjau kembali, dengan harapan (proses) pencetakan dapat lebih terkontrol.

Mendiknas mengakui jika pada waktu dulu, pihaknya memang tidak bisa melaksanakan sentralisasi. Pasalnya, hal tersebut berkaitan dengan Keppres No 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.


"Kalau dulu, tidak bisa disentralisir, karena memang ada kaitan dengan Keppres 80 Tahun 2003. Tidak memungkinkan untuk ditunjuk. Oleh karena itu, setiap wilayah membuat tender sendiri-sendiri. Tetapi, dengan revisi yang terakhir, (sudah) memungkinkan untuk barang-barang yang sifatnya rahasia negara (dicetak) melalui penunjukan," jelas Mendiknas di Gedung Kemendiknas, Jakarta, Senin (29/3).

Berdasarkan evaluasi pelaksanaan UN SMA selama satu minggu terakhir, lanjut Mendiknas pula, dugaan kebocoran bermuara di percetakan. Sementara, banyaknya titik-titik distribusi (juga) menyebabkan kontrol yang semakin besar. Menurutnya, hal ini yang melatarbelakangi pertimbangan sentralisasi pencetakan materi UN.

"Namun, tidak cukup hanya dengan memperkuat sistem pelaksanaan UN, itu harus diimbangi (juga) dengan peningkatan tingkat kejujuran. Itu menjadi pokok," imbuhnya.

Kami juga merekomendasikan Latihan Soal UN 2011 untuk SMA/MA, SMP/MTs, SD/MI, SMK, UN Paket (Ujian Persamaan) yang dibuat oleh para penulis handal (setiap jenjang rata-rata diberikan 4 kaket latihan disertai jawaban atau pembahasannya, Anda boleh mengunduhnya disini.
Selengkapnya...

Kenali dan Hindari Pelanggaran Ujian Nasional

Selain kualitas cetak naskah soal UN, persoalan yang paling banyak disorot oleh media massa adalah kebocoran soal dan kecurangan-kecurangan. Hal tersebut tentunya menjadi bahan evaluasiBadan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebagai penyelenggara UN.

Pada Ujian Nasional tahun 2009 menurut Prof.Dr. Mungin Eddy Wibowo, BSNP, hasil pemantauan dan laporan yang masuk ke BSNP menggambarkan, bahwa masih banyak pelanggaran di UN terjadi akibat menyalahi Prosedur Operasional Standar (POS) UN yang sudah ditetapkan.

Beberapa pelanggaran tersebut antara lain:

- Guru mata pelajaran masih hadir di sekolah

- Masih dijumpai siswa yang membawa ponsel ke dalam ruang UN

- Pengawas ruang UN berkeliling ruangan UN dan pintu ruang ditutup

- Masih adanya pejabat dan wartawan yang masuk ke ruangan saat UN berlangsung meskipun di pintu ruang bertuliskan "Dilarang Masuk"

- Masih ada pengawas ruang UN yang tidak melakukan pengeleman amplop Lembar Jawaban UN (LJUN)

Kami merekomendasikan Latihan Soal UN 2011 untuk SMA/MA, SMP/MTs, SD/MI, SMK, UN Paket (Ujian Persamaan) yang dibuat oleh para penulis handal (setiap jenjang rata-rata diberikan 4 kaket latihan disertai jawaban atau pembahasannya, Anda boleh mengunduhnya disini.
Selengkapnya...

Hampir 100 Persen Bocoran Soal UN Cocok Waspadalah

Pengusutan terhadap beredarnya kunci jawaban ilegal ujian nasional tingkat SMA tahun 2010 di Kota Blitar, Jawa Timur, oleh aparat polresta mulai membuahkan hasil. Ternyata, 99 persen kunci jawaban itu cocok dengan hasil pengerjaan soal. Akurasi bocoran kunci jawaban itu diketahui setelah aparat kepolisian membandingkannya dengan hasil pengerjaan soal UN oleh para guru.

"Dari hasil perbandingan tersebut, diketahui bocoran jawaban melalui pesan singkat atau SMS yang beredar, sekitar 99 persen cocok atau sesuai dengan jawaban yang benar menurut pengerjaan para guru yang dikoordinasi pihak dinas pendidikan daerah (dikda)," kata Kasat Reskrim Polresta Blitar Ajun Komisaris Purdiyanto, Minggu (28/3/2010).

Purdiyanto menambahkan, pencocokan memang tidak mungkin dilakukan dengan kunci jawaban UN yang asli. Sebab, kunci jawaban yang asli tidak bisa diminta sembarangan, tetapi harus seizin dinas pendidikan provinsi.

"Oleh karena itu, kami coba membandingkan dengan hasil pengerjaan yang benar oleh para guru," katanya.

Dari hasil pemeriksaan terhadap tiga siswa dari sebuah SMA swasta di Kota Blitar yang diperiksa terkait kasus itu, pekan lalu, diketahui bahwa kunci jawaban ilegal ternyata berasal dari Surabaya.

Tiga siswa Kota Blitar yang diperiksa itu adalah Ek (17), Nw (17), dan Os (17). Terungkap bahwa SMS jawaban pertama kali diperoleh Ek. Sedangkan Ek mengaku mendapat kiriman SMS itu dari seorang pelajar SMA di Surabaya.

Perolehan kiriman SMS kunci jawaban itu juga unik karena terjadi tidak sengaja. Ek mengaku mendapatkan SMS kunci jawaban sebagai hasil barter (tukar-menukar) dengan chip game online level tertentu yang nilainya Rp 1,5 juta.

"Pengirim SMS kunci jawaban itu adalah sesama penggemar game online dari Surabaya," kata Purdiyanto.

Setelah memeriksa Ek, Nw, dan Os pada Rabu pekan lalu, polisi selanjutnya memburu si pengirim SMS di Surabaya. Perburuan dilakukan melalui pelacakan nomor ponsel yang masuk ke dalam ponsel milik Ek. Hasilnya ditemukanlah Eo, pelajar salah satu SMA swasta di Surabaya.

"Dia sudah kami mintai keterangan di Surabaya pada Jumat (26/3/2010) lalu serta mengakui kalau dia yang mengirimkan kunci jawaban UN tersebut kepada Ek di Blitar," ucap Kasat Reskrim.

Namun, tatkala dikejar dari mana sumber kunci jawaban yang dikirimkannya itu, Eo mengaku bahwa dirinya juga mendapatkannya dari orang lain, melalui SMS pula.

Menurut pengakuan Eo, dirinya juga tak mengenal identitas orang lain tersebut. Akibatnya, polisi kesulitan melacak langsung sumber asalnya.

"Tapi, kami sedang berupaya, bekerja sama dengan pihak operator seluler meminta rekaman SMS yang keluar masuk dari ponsel Eo," katanya.

Menurut Purdiyanto, tampaknya ada upaya Eo untuk memutuskan rantai kebocoran itu pada dirinya. Namun, pihaknya tidak akan menyerah dan akan terus memburu siapa sumber awalnya.

Jika terungkap nanti, pembocor bisa dijerat Pasal 322 KUHP tentang membocorkan rahasia dengan ancaman hukuman penjara maksimal dua tahun.

"Kami akan terus dalami sampai bisa mengungkap siapa sumbernya," ujarnya.

Beredarnya bocoran kunci jawaban UN ilegal di Kota Blitar mulai terdengar polisi pada 22 Maret lalu atau hari pertama UN SMA. Setelah melakukan pelacakan, pada 24 Maret polisi akhirnya memeriksa Ek, warga Perum BTN Wisma Indah, Kelurahan Kepanjen Lor, Kecamatan Kepanjen Kidul.

Ek ternyata sudah menyebarkan SMS bocoran jawaban itu kepada teman perempuannya, Nw, warga Kelurahan/Kecamatan Sanan Wetan, serta kepada Os.

Sementara itu, saat dimintai tanggapannya tentang temuan polisi tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar Pratignyo mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian dan sekolah dari para siswa yang tersangkut.

"Apakah memang benar yang didapatkannya itu kunci jawaban UN atau palsu, biar polisi menyelidikinya sampai tuntas dulu," ungkap Pratignyo.

Kami juga merekomendasikan Latihan Soal UN 2011 untuk SMA/MA, SMP/MTs, SD/MI, SMK, UN Paket (Ujian Persamaan) yang dibuat oleh para penulis handal (setiap jenjang rata-rata diberikan 4 kaket latihan disertai jawaban atau pembahasannya, Anda boleh mengunduhnya disini.

Pesan Mendiknas

Menteri Pendidikan Nasional M Nuh meminta para siswa-siswi jangan sampai kecele dengan oknum tidak bertanggung jawab. Diingatkan, oknum tersebut kerap menjual soal tahun lalu dengan menggantikan kop soal tahun ini.

Waspadai di setiap situasi dari orang-orang yang hendak mengambil keuntungan, hingga saat ini Kemendiknas menjamin tidak ada soal yang bocor. Pihaknya melibatkan unsur Polri dalam mengamankan distribusi soal UN.
Selengkapnya...

Sistem Pengawasan UN 2011

Sistem Pengawasan UN 2011 berbeda dengan pelaksanaan UN 2010. Pada UN tahun 2011 pelaksanaan ujian nasional (UN) dilakukan tanpa melibatkan pengawasan dari tim pengawas independen sebagaimana pada pelaksanaan UN 2010, karena akan dilakukan oleh tim pengawas satuan pendidikan. Sistem pengawasan hanya dilakukan oleh unsur perguruan tinggi negeri yang ditunjuk oleh Departemen Pendidikan Nasional. Sistem pengawasan yang dilakukan sesuai ketentuan Departemen Pendidikan Nasional ialah satu sekolah satu orang, dan pelaksanaannya lebih longgar. Pada pelaksanaan UN kali ini, pengawas bisa masuk ruang kelas, berbeda dengan pelaksanaan UN 2010.


BNSP mengakui, pihaknya memang telah memberikan sebagian wewenangnya kepada PTN dalam pelaksanaan UN tahun ajaran 2010/2011. Diantaranya, pelaksanaan dan pengawasan UN SMA/MA dan SMK, pemindaian Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) SMA/MA dan SMK, dan pengawasan penggandaan dan distribusi naskah UN. Sedangkan untuk pemindaian LJUN SMP/MTs dilakukan oleh penyelenggaraan Ujian Nasional tingkat provinsi. Selain itu, tingkat SD hanya melibatkan Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing daerah.

Dijelaskan, proses penggandaan naskah soal UN ini akan dilakukan oleh penyelenggara tingkat provinsi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Bahkan, lanjut dia, prosedur penggandaan naskah soal UN tersebut juga sudah diatur di dalam Prosedur Operasi Standar (POS) UN yang ditetapkan oleh BSNP.

Selain itu, pengawasan ruang UN pada setiap sekolah/madrasah, BSNP juga menetapkan bahwa akan dilakukan oleh tim pengawas yang terdiri dari guru-guru yang mata pelajarannya tidak sedang diujikan. Selanjutnya, pengawasan ruang UN ini juga diatur dengan sistem acak dalam satu kabupaten/kota. Intinya, guru yang mata pelajarannya sedang diujikan tidak diperbolehkan di dalam lokasi sekokah/madrasah penyelenggara UN. Hal ini benar-benar harus diperhatikan oleh setiap sekolah/madrasah.

Sebelumnya, Anggota BSNP Prof Mungin Eddy Wibowo juga mengungkapkan bahwa sistem pengawasan ujian nasional (UN) pada tahun 2011 mendatang akan diubah. Rencananya dalam pengawasan, perguruan tinggi hanya akan turut memantau pada UN tingkat SMA/SMK/MA.

Menurutnya, dalam pelaksanaan UN, tim pengawas independen dari perguruan tinggi tetap dilibatkan, tapi itu hanya di tingkat SMA/SMK/MA saja. Sedangkan untuk SMP/MTs, dan tingkat SD hanya melibatkan Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing daerah. Jadi perguruan tinggi tidak ikut terlibat dalam pemantauan UN tingkat SMP/MTs. Pasalnya, kelulusan SMP/MTs nanti akan digunakan untuk tingkat SMA/SMK, demikian ditegaskan.

Untuk semua Latihan Soal UN SMA 2011 silakan Unduh disini. Kami juga merekomendasikan Latihan Soal UN SMA/MA 2011 yang dibuat oleh para penulis handal (semuanya ada sekitar 6 paket), Anda boleh mengunduhnya disini.
Selengkapnya...

Seberapa Manfaat Sebuah Game

>> Wednesday, February 2, 2011

Sebuah kajian oleh penyelidik di hospital Massachusetts General Center untuk kesihatan mental dan media menunjukkan bahawa ramai kanak-kanak yang bermain permainan video bagi mengawal perasaan mereka, akan berkemungkinan memilih permainan yang lebih ganas bagi melepaskan kemarahan mereka.


Permainan online juga merupakan cara yang baik untuk ‘melepaskan diri’ dari kenyataan dan mengalihkan tumpuan ketika menghadapi kesulitan. Permainan berperanan seperti Mystery P.I. - The Vegas Heist, membantu seseorang membayangkan bahawa dirinya adalah orang lain di dunia yang amat berbeza.

Apabila diberi peluang untuk menjadi seorang wira di alam maya dalam permainan tersebut, seseorang itu boleh merasa lebih berupaya dan yakin dengan diri mereka bagi meleraikan masalah dan mencapai kejayaan.

Penyelidik dan pembina permainan Jane McGonigal menyatakan bahawa permainan-permainan dengan aluran cerita membolehkan pemain menghayalkan dirinya dalam kehairanan dan kekaguman di ‘dunia’ yang berbeza sama sekali.

Keseluruhannya, ia telah dibuktikan bahawa permainan online adalah baik untuk kesihatan, kerana ia membantu pemain berasa lega. Menurut penelitian di McGill University di Montreal, Quebec, bermain permainan online adalah satu cara yang terbaik bagi mengurangi tekanan, mengurangkan Kortisol (hormon stress) dengan purata 17%!

Jadi bila-bila masa anda terjebak dalam batasan masa ataupun peperiksaan yang akan datang, berhenti, dan luangkan dua puluh minit daripada masa anda untuk permainan. Kemudian pulang ke tugasan anda dengan minda yang segar dan penuh persiapan bagi mengurusinya.
Selengkapnya...

Sepuluh Game Favorit Paling Top

Pada tahun 2010 ada sekitar 10 (sepuluh) game yang masuk 10 top karena dianggap luar biasa dan menghibur yang membuat banyak pemain senang. Berikut ini 10 game yang membuat sebagian besar orang terpancing, dan harus jujur, sepanjang tahun mereka telah membuat kami seperti itu juga!


Plants vs. Zombies

Zombie kebanyakan adalah sosok yang mengerikan, tetapi tidak begitu dalam game ini. Namun demikian, kamu harus melindungi rumahmu dari invasi zombie, dengan menggunakan tanaman pembunuh. Mengumpulkan butiran sinar matahari dan menggunakan segala macam tanaman sebagai garis pertahananmu - Sedikit perencanaan strategis diperlukan dan menjaga zombie tetap di pinggiran! Tidak seperti game zombie yang menakutkan, kamu akan tergelitik oleh monster hidup yang selalu memperingatkanmu dengan "Aku datang!" dan berjalan ke arahmu dengan kerucut di atas kepala mereka. Plants vs Zombies dikenal sebagai salah satu game yang paling mudah menyebabkan kecanduan, dan memenangkan penghargaan untuk salah satu Game Terbaik tahun 2009 oleh Gamezebo. Jika kamu belum mencoba game ini, kemana saja saja kamu selama ini?! Cobalah - dan siap untuk menjadi ketagihan.

Youda Fairy

Dalam game ini, kamu diwarisi menjadi seorang penyihir, menciptakan peri yang bertindak sebagai penjaga kota. Tugas ini cukup sederhana, kecuali bahwa pada setiap level, kamu disajikan tantangan yang lebih menantang. Jika kamu belum mencoba game ini juga, kamu akan menemukan bahwa game itu benar-benar melatih manajemen waktumu dan keterampilan banyak tugas! Ini juga merupakan game luar biasa untuk para penggemar genre fantasi, berkat grafis yang indah yang membuat orang merasa seolah-olah dia benar-benar berada di tengah-tengah hutan gaib.

Zuma

Ini akan mencoba kecepatan dan strategimu: Zuma mengharuskanmu menghancurkan rantai bola yang panjang sebelum ancaman tengkorak yang akan menelan mereka. Yang perlu kamu lakukan adalah menembakan bola api (dari mulut katak) dengan warna yang sama ke arah rangkaian bola untuk menghancurkannya. Game ini sangat adiktif akan membuatmu terus melanjutkannya, mencoba yang terbaik untuk mencegah rantai bola tetap berjarak jauh dari tengkorak sebaik mungkin (karena bonus waktu akan diberikan - tergantung pada seberapa jauh rantaimu dari 'azab' nya) . Tidak akan lama sampai kamu menemukan dirimu memantul di pinggiran kursi!

Zuma sangat populer sehingga meraih penghargaan sebagai "Game Terbaik" oleh RealArcade pada tahun 2004. Itu menunjukkan bagaimana satu set sederhana bola berwarna-warni dapat dengan mudah menyandukan pemain.

Governor of Poker

Jatuh cinta sama poker tetapi menolak perjudian? Atau mungkin kamu tidak begitu hebat dalam permainan, dan ingin meningkatkan keterampilanmu dalam suasana yang menyenangkan. Governor of Poker adalah untukmu. Berlatar belakang kota Texas, kamu bisa berpartisipasi dalam turnamen poker berbagai kota. Governor of Poker adalah permainan yang menyenangkan dan game ringan yang cocok untuk penggemar poker yang tidak terlalu serius.Insruksi bermanfaat berada di tanganmu untuk mengajarkanmu istilah permainan, jadi jika kamu seorang pemula, Governor of Poker adalah tempat yang tepat untuk mulai belajar.

Smash Frenzy 4

Kami suka berpikir tentang Smash Frenzy 4 sebagai pemuncak pereda-stres. Dalam setiap saat yang menegangkan, ini adalah permainan yang sempurna. Kamu diharuskan untuk menghancurkan semua struktur, dengan mengayuh bola (menggunakan tombol panah ke kiri dan kanan) dan memukul benda-benda. Dengan mengumpulkan bonus yang membantumu meningkatkan tugas-tugasmu, kamu akan senang melihat struktur ini runtuh menjadi kehampaan dalam hitungan detik! Grafis 3D yang realistis juga membuatmu merasa seolah-olah kamu benar-benar menghancurkan benda-benda. Bagaimana rasanya menjadi Gozila untuk sementara waktu?

Gardenscapes

Jika kamu adalah orang yang bangga atas kemampuan menyusun lingkungan yang berantakan, kamu mungkin saja jago di game ini. Menjadi kaya dengan membantu menemukan benda-benda yang hilang di rumah puri kakekmu, sehingga kamu bisa membangun tamannya. Gardenscapes menyediakan berbagai fitur tantangan yang membuatmu berpartisipasi di dalamnya, dengan menguji matamu terhadap detail sambil mencari benda-benda yang hilang dalam lingkungan yang berantakan, untuk mengasah kemampuan desain arsitekturmu karena kamu memperindah taman - semua dengan mudah melalu klik mouse. Gardenscapes adalah salah satu nominasi GameHouse Great Games Awards 2010 ke-2 pada kategori, "Game Paling Candu".

Farm Frenzy 3

Sebagai 'bos', kamu diberi kesempatan untuk mengelola lahanmu, dari mencetak keuntungan dan membuat yang terbaik produksimu, hingga menangkal predator seperti singa. Namun, dalam Farm Frenzy 3, kamu tidak hanya mencoba menjalankan pertanian sendiri, bahkan, bisa melakukannya di 5 lokasi yang berbeda, termasuk di Arktik! Tidak banyak petani di dunia nyata yang mendapatkan kesempatan untuk melakukan hal tersebut, jadi mengapa tidak menjadi seseorang yang memiliki hak istimewa untuk memiliki pengalaman virtual ini?

Youda Sushi Chef

Kamu ditugaskan untuk menjalankan restoran sushimu sendiri dengan melayani tamumu secepat mungkin, sesuai dengan tuntutan mereka - para tamu ini bisa saja sangat penuntut,. Kehabisan bahan-bahan untuk hidangan sushimu? Hibur mereka dengan sake atau beberapa trik-memegang pisau - mereka akan terus menempati kursinya sementara waktu. Kamu akan membutuhkan ingatan yang baik dan harus benar-benar efektif di permainan ini, karena pada akhir level pertama, kamu akan menemukan dirimu banyak tugas dan tidak ada banyak waktu untuk tetap mengacu pada buku resepmu. Game ini tanpa henti menghibur, meskipun, dengan ekspresi wajah menghibur dan efek suara aneh. PERINGATAN: Game ini akan membuatmu menginginkan sushi. (Catatan: penulis langsung menuju restoran sushi terdekat setelah menyelesaikan artikel ini.)

Bejeweled 2

Bejeweled 2 membawa pulang penghargaan Game of Terbaik oleh Computer Gaming World pada tahun 2001. Permainnya sederhana: tetap menukar-nukar posisi permata sampai kamu menemukan tiga atau lebih dari permata yang sama dalam sebaris. Raih poin ketika setiap set permata yang cocok tersebut meledak dan memberikan jalan bagi yang lain. Game Favorit sepanjang masa ini sudah berevolusi dari sekedar melewatkan waktu di tempat kerja, menjadi olahraga yang kompetitif. Pada 2010, turnamen Bejeweled 2 pertama kalinya melahirkan sang juara, seorang sarjana NUS. Kami cukup yakin, seperti halnya kebanyakan banyak penggemar Bejeweled 2 yang antusias, bahwa juara kami telah menghabiskan sepanjang tahun dalam klik hiruk-pikuk! Apakah akan tetap menawan hati bahkan lebih di tahun 2011?

Fishdom H2O

Seperti seri Fishdom, kamu diberikan akuarium untuk diperindah. Namun, kamu harus bekerja untuk membangun sebuah akuarium yang mana kamu dan ikan piaranmu akan jatuh cinta terhadapnya. Hal ini dapat dilakukan dengan 'menyelam' ke laut untuk mencari ‘harta’ tersembunyi dalam waktu terbatas. Semakin banyak tugas menyelam yang berhasil kamu selesaikan, semakin banyak yang kamu hasilkan untuk membeli lingkungan yang lebih baik untuk ikanmu! Game ini sempurna jika kamu menyukai permainan objek tersembunyi, dan sangat serupa dalam permainan di Gardenscapes. Bahkan lebih baik, tentu saja, jika kehidupan bawah laut adalah kehidupan yang membuatmu terpesona!

Game-game ini telah terbukti begitu menghibur, mereka sudah membuat semua orang cukup sibuk dan memainkannya sepanjang tahun. Namun, tetap nantikan game menarik lainnya di tahun 2011, kami berjanji kepadamu berbagai perbaikan dan bahkan jangkauan rekreasi yang begitu menyenangkan!
Selengkapnya...

Benarkah Vitamin Bisa Bikin Kurus?

Siapa bilang vitamin bisa menambah nafsu makan? Justru vitamin bisa bikin si kecil makin kurus kalau kelebihan.

Hati-hati, pemberian vitamin secara berlebih dapat menimbun vitamin tersebut dalam tubuh si kecil hingga timbul efek samping, terutama golongan vitamin yang tidak larut dalam air, seperti vitamin A, D, E, dan K.

"Kelebihan vitamin A bisa mengakibatkan kepala jadi pusing-pusing," kata Dr Najib Advani, SpAK, MMed, Paed dari bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Bahkan, vitamin yang larut dalam air pun, semisal vitamin C, juga tidak boleh diberikan dalam dosis tinggi. "Kelebihan vitamin C menimbulkan batu pada ginjal, di samping mengakibatkan iritasi lambung hingga lambung terasa perih. Apalagi, jika pemberiannya dalam jangka waktu lama, anak jadi memiliki ketergantungan pada vitamin C. Istilah kedokterannya, rebound," katanya.

Itulah mengapa, dokter sangat "pelit" kala dimintai resep vitamin sekalipun vitamin si kecil yang dulu ia resepkan sudah habis. Soalnya, pemberian vitamin untuk bayi dan anak memang tidak dianjurkan buat seumur hidup.

Tidak menambah nafsu makan

Umumnya, orangtua memberikan vitamin bagi bayi untuk tujuan menambah berat badan karena vitamin dipercaya bisa menambah nafsu makan. Bahkan, saking vitamin dianggap mujarab mengatasi anak sulit makan, sering terjadi orangtua setengah memaksa dokter agar memberikan vitamin sekalipun pola makan anaknya sudah bagus dan badannya juga gemuk.

Padahal, tidak ada satu pun vitamin yang berkhasiat menambah nafsu makan secara langsung sekalipun saat si kecil tidak mau makan lantaran sakit dan dokter memberinya vitamin. Selain itu, juga bukan karena vitamin tersebut bisa menambah nafsu makan, melainkan agar asupan gizi si kecil tidak kurang. "Kecuali jika bayi kekurangan vitamin B kompleks karena dampaknya memang bikin orang jadi kurang nafsu makan," katanya.

Jadi, jangan percaya omong kosong yang mengatakan vitamin dapat menambah nafsu makan. Jangan pula menganggap, semakin gemuk bayi berarti semakin bagus. Justru bila si kecil yang sudah kurus kerap dikasih vitamin, sementara tubuhnya enggak kekurangan vitamin, barulah kita boleh merasa malu.

Jangan lupa, kelebihan vitamin bisa menyebabkan iritasi lambung. Akibatnya, si kecil malah jadi tidak mau makan. Bila sudah begitu, bukan berat badan bertambah, melainkan tubuh menjadi semakin kurus. "Nah, ini, kan, sama saja kita merawatnya dengan tidak baik. Bukan begitu," katanya.

Konsultasi dokter

Lagi pula, sebagai orang awam, agak sulit buat kita mendeteksi si kecil kekurangan vitamin atau tidak, apalagi pada kasus yang tidak terlalu berat (marjinal). Selain itu, ciri kekurangan vitamin harus pula dilihat kasus per kasus. Kekurangan vitamin A, misalnya, "biasanya di bagian putih mata akan terlihat keruh. Bila didiamkan, lama-lama akan timbul bercak," kata Najib.

Kekurangan vitamin A juga bisa membuat si kecil sering mengalami infeksi, semisal radang tenggorokan. "Bukan berarti bila si kecil mengalami radang tenggorokan, ia kekurangan vitamin A, lho. Jadi, jangan dibalik, ya, Bu, Pak," katanya.

Soal berat badan juga bukan ukuran mutlak anak kekurangan vitamin. "Memang, sering berat badan anak yang kurang vitamin juga kurang. Namun, enggak bisa dibalik bahwa anak yang kurus berarti kurang vitamin," katanya. Metabolisme tubuh anak-anak yang kekurangan vitamin, kata Najib, juga kurang baik hingga berat badannya berkurang.

Jadi, yang terbaik tentulah berkonsultasi lebih dulu dengan dokter, apakah si kecil memang perlu vitamin. "Biasanya dokter akan melihat dulu pola makannya. Jika sudah bagus, ya, enggak perlu vitamin," katanya. Misalnya, bayi yang mengonsumsi ASI. "Bila gizi ibu cukup dan asupan vitaminnya pun baik, berarti bayinya tak mutlak perlu vitamin tambahan. Diharapkan, dari ASI kebutuhan bayi sudah terpenuhi," ucapnya.

Begitu pula bayi yang mengonsumsi susu formula, "bila susu formulanya sudah mengandung vitamin dengan kadar yang cukup berdasarkan recommended daily allowances atau kebutuhan tiap hari bayi, bayi tidak perlu tambahan vitamin," katanya. "Namun, dengan catatan, pola menyusunya juga baik, lho," katanya lagi.

Jikapun si kecil kurus dan sulit makan, dokter juga tidak akan langsung memberi vitamin, tetapi melihat kasusnya dulu. Si kecil yang tidak suka makan sayur dan buah, misalnya, berarti ia butuh vitamin C. Nah, vitamin C inilah yang diberikan.

Empat kondisi

Umumnya, dokter memberikan vitamin kepada bayi bila mengalami salah satu atau lebih dari empat kondisi berikut:

1. Pola makannya tidak bagus.

Kadang bayi mau makan atau minum susu, tapi kadang tidak. Misalnya, bayi usia empat bulan tak menyusu dengan baik, padahal di usia ini ia belum memperoleh makanan tambahan. Jelas ia butuh vitamin. Namun, vitamin apa yang dibutuhkannya, dokterlah yang lebih tahu.

2. Saat sakit atau baru sembuh dari sakit.

Dalam kondisi ini, bayi perlu vitamin. Biasanya bayi yang baru sakit kurang nafsu makan dan kebutuhan vitaminnya pun meningkat. Jadi, agar asupan gizinya cukup, ia boleh menerima vitamin. Setelah sehat kembali, pemberian vitamin dihentikan.

3. Berat badan rendah.

Bayi dengan berat badan rendah atau kurang dari 2,5 kilogram juga perlu tambahan vitamin. Berat badan rendah bisa disebabkan bayi lahir prematur (belum cukup bulan). Biasanya bayi prematur kekurangan zat besi hingga yang dibutuhkan adalah suplemen zat besi. Di pasaran sebenarnya ada formula khusus untuk bayi prematur. Ini bisa diberikan hingga vitamin tidak mutlak perlu.

Lain hal pada bayi lahir cukup bulan tapi kecil. Bayi ini jelas perlu tambahan vitamin. Biasanya bayi kecil yang lahir cukup bulan tapi kecil ini disebabkan ada masalah di plasenta ketika bayi masih di kandungan, hingga suplai makanan dari ibu ke janin kurang bagus. Maka, ia lahir dengan berat badan rendah.

4. Tak terkena sinar matahari.

Bayi yang tak terkena sinar matahari butuh vitamin, khususnya suplemen vitamin D. Namun, kasus ini biasanya terjadi di negara empat musim. Ketika musim dingin tiba, bayi tidak bisa dibawa keluar karena bisa kedinginan dan matahari pun jarang ada.

Di dalam kulit, kata Najib, ada bahan untuk membuat vitamin D. Namun, untuk memproduksi vitamin D, kulit perlu terkena sinar matahari dulu. "Jadi, bila tak ada sinar matahari, proses tersebut tak bisa berlangsung," katanya.

Di negeri kita tentulah jarang sekali terjadi bayi kekurangan vitamin D. Bukankah negeri kita kaya akan sinar matahari? Terlebih lagi, ibu-ibu Indonesia biasanya kerap menjemur bayinya di waktu pagi kala mentari baru menampakkan dirinya.

Kebutuhan mineral

Selain vitamin, pemberian mineral pun tak boleh berlebihan. Bila gigi si kecil tak jua erupsi, misalnya, jangan buru-buru memberinya suplemen kalsium karena belum tentu ia membutuhkannya. Lagi pula, usia normal erupsi gigi antara 6 dan 12 bulan. Toh, ini pun bukan patokan pasti karena ada juga bayi yang sudah erupsi di usia lebih awal semisal empat bulan. Pasalnya, kata Najib, erupsi gigi juga dipengaruhi faktor bawaan anak.

Jadi, bila si kecil menyusunya bagus dan makannya pun baik tetapi ia belum juga mengalami erupsi gigi, berarti ia tak butuh tambahan kalsium. Bukankah kebutuhannya akan kalsium sudah dipenuhi dari susu? Jangan lupa, susu kaya akan kalsium. Sebaliknya, bila si kecil sudah erupsi gigi tetapi minum susunya kurang, ia jelas butuh suplemen kalsium.

Tentu bukan hnay kalsium. Mineral lain seperti fosfor dan fluor pun tak boleh berlebihan. Fluor, misalnya, penting untuk kekuatan gigi. Asupan fluor didapat dari air minum. Bila kadar air minum kurang dari 0,3 PPm (part per million), dibutuhkan suplementasi fluor, bisa dalam bentuk tablet atau multivitamin. Namun, bila kadarnya sudah 0,3 PPm atau lebih, "tambahan fluor jelas tak diperlukan lagi," katanya.
Selengkapnya...

Obat Bebas Yang Bisa Diberikan pada Bayi

Kebanyakan orang tua tak berani memberikan obat bebas pada bayi karena ketakutan kemungkinan dosis atau tujuan obatnya salah. Padahal, boleh, kok, bayi diberi obat bebas. Namun dengan catatan, ia memang benar-benar membutuhkannya.
Obat luar lain yang juga perlu resep tapi kerap dipakai serampangan ialah antibiotik.

Tentu kita boleh saja menggunakan obat bebas untuk mengatasi sakit si kecil, terutama bila si kecil usianya sudah 6 bulan ke atas. Biasanya obat bebas dibagi 2, yaitu obat luar dan obat telan. "Umumnya, obat luar berupa cairan, salep atau ointment yang digunakan untuk mengatasi luka, bentol-bentol, gatal, atau lainnya," terang dr. Waldi Nurhamzah SpA.

Adapun obat luar bebas yang paling sering dipakai adalah obat antiseptik untuk luka (merkurokrom, boorwater, rivanol, povidone iodine) dan minyak penghangat seperti minyak telon atau minyak tawon. Namun kita harus hati-hati dalam pemberiannya. Perhatikan, apa ada reaksi yang timbul setelah pemberian berupa kemerahan, bentol-bentol, atau lainnya. Soalnya, bisa saja, kan, si kecil tak tahan terhadap obat luar itu.

Sebenarnya, lanjut Waldi, tak banyak obat luar yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Misal, obat oles yang mengandung steroid, "sangat ampuh memberantas gatal, eksim, dan beberapa reaksi alergi pada kulit. Namun karena sifat kerasnya, obat luar yang mengandung steroid hanya boleh diperoleh dengan resep saja." Contoh obat ini antara lain Apolar, Benoson, Decoderm, Elocon, Lox, Kenacort, Locoid, Synalar.

Bila obat tersebut dioleskan pada kulit bayi, sebagian obat akan terserap oleh tubuh bayi hingga dapat meningkatkan konsentrasi obat yang tak wajar dalam tubuh bayi. Selain itu, dapat pula terlihat reaksi kulit terhadap obat semisal kulit yang diolesi salep tampak keputihan.

Obat luar lain yang juga perlu resep tapi kerap dipakai serampangan ialah antibiotik. Ini berbahaya. Bila si kecil sensitif pada salep itu, reaksi yang terjadi akan berbahaya. Misal, salep yang mengandung penisilin, tetrasiklin, gentamisin, neomisin. "Jika diberikan pada bayi atau anak yang tak tahan, akan timbul reaksi hebat." Meski cuma dioleskan sedikit, reaksinya bisa fatal, lo.

Obat telan

Untuk obat telan, yang paling pas buat bayi tentulah berupa sirup. Selain lebih mudah menakarnya, cara menyimpannya juga tak sulit; biasanya tak perlu disimpan di lemari es, cukup dalam suhu kamar.

Bila kita ke dokter, mungkin masih ada beberapa dokter yang memberikan obat dalam bentuk puyer untuk bayi. Namun jenis obat bebas telan yang dapat diberikan pada bayi amat terbatas. Umumnya obat pereda panas, obat batuk dan pilek, serta larutan rehidrasi.

Penting diketahui, obat bebas ditandai lingkaran hijau pada kemasannya. Dalam banyak buku petunjuk penggunaan obat, jenis ini diklasifikasikan sebagai jenis B, hampir terdapat pada semua obat pereda panas. Ada pula beberapa obat yang ditandai lingkaran biru, artinya obat ini masih boleh diperoleh dengan bebas tapi dalam jumlah terbatas. Kebanyakan obat bebas untuk pereda batuk/pilek termasuk dalam golongan ini.

Yang bikin bingung, saat ini banyak obat bebas dengan berbagai merek ditawarkan. Nah, mana yang harus dipilih? Menurut Waldi, sesuaikan yang rasanya disukai si kecil. Jadi, kita bisa pilih merek apa saja asalkan sesuai selera si kecil; entah dengan rasa stroberi, jeruk, anggur, atau lainnya.

Yang penting diperhatikan obat itu memang boleh diberikan untuk usia bayi/anak. Jangan lupa, lihat tanggal kadaluarsanya. Setelah obat diperoleh, selalu baca lebih dulu catatan penjelasan yang terlampir dalam kemasan. Di situ tertera antara lain dosis dan jadwal pemberian serta efek sampingnya.

Bila si kecil tak jua sembuh setelah diberi obat, jangan langsung ganti obat karena tak ada obat bebas yang bisa menghilangkan penyakit dengan seketika. Bukankah semua obat butuh proses untuk menyembuhkan? Misal, si kecil panas. Sudah dua kali diberi obat A tapi belum juga turun, lalu diganti obat B ternyata langsung turun. Jangan buru-buru bilang obat B manjur sementara obat A tak manjur. Pasalnya, kebetulan panas si kecil memang sudah waktunya turun ketika diberikan obat B.

Lagi pula, bisa terjadi si kecil tak kunjung sembuh lantaran obatnya diberikan dengan dosis yang salah. Misal, si kecil yang baru berusia 5 bulan punya badan agak besar untuk anak seusianya. Berarti, dosis yang tertera di brosur dengan kalimat "untuk bayi di bawah 6 bulan" tentu enggak pas bila diberikan kepadanya. Nah, untuk tahu dosis yang tepat, si kecil mau tak mau perlu dibawa ke dokter.

Jadwal dan lama pemberian

Perhatikan pula jadwal pemberian obat; sesuaikan dengan yang tertera di brosur. Maksimal pemberian biasanya 4 kali sehari. Dengan demikian, jarak pemberiannya 6 jam. Jangan lupa, satu hari sama dengan 24 jam. "Namun sering orang tak menghitung seperti itu. Banyak yang menghitung satu hari hanya 12 jam hingga jadwal pemberian obat bila dibagi 4 hanya 3 jam sekali. Ini jelas salah," tutur Waldi. Apalagi bila obat hanya diberikan waktu siang, sedangkan malamnya tak diberi. Ini, kan, enggak efektif.

Lazimnya diperkenankan mencoba memberikan obat bebas selama 2-3 hari saja. Selebihnya, sebaiknya segera menghubungi tenaga kesehatan untuk memastikan apa penyakit dan pengobatannya. Tentu ada kasus yang tak perlu menunggu 2-3 hari dan dicoba-coba dengan obat, seperti bila si kecil muntah terus-menerus, kejang, atau tampak tak sadar.
Selengkapnya...

Indonesia Butuh Ahli Komodo

Meskipun tercatat sebagai satu-satunya negara yang memiliki habitat komodo, Indonesia tidak memiliki ahli khusus komodo. Penelitian komodo lebih banyak dilakukan ilmuwan asing, sedangkan penelitian yang dilakukan peneliti Indonesia hanya bersifat melengkapi.

Kondisi itu justru terjadi di tengah perjuangan Indonesia menjadikan komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban alam. Berdasarkan data www.new7wonders.com, Selasa (1/2), komodo menduduki peringkat ke-10 dari 28 finalis yang dipilih oleh pemilih perempuan dan peringkat kedua berdasarkan usia pemilih berusia kurang dari 18 tahun.

Ahli herpetologi atau kajian amfibi dan reptil di Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Mumpuni, menegaskan, ahli yang mengetahui segala-seluk beluk komodo memang belum ada di Indonesia. Penelitian biologi di Indonesia masih difokuskan pada pendataan potensi dan sebaran keanekaragaman hayati Indonesia yang belum terkumpul semua.

”Peneliti Indonesia belum menjadikan komodo sebagai kajian khusus karena masih banyak bidang lain yang juga penting dikaji,” katanya.

Berdasarkan data Departemen Kehutanan pada 1994, Indonesia menempati posisi ke-2 dalam jumlah keanekaragaman hayati dunia setelah Brasil. Indonesia diperkirakan memiliki 90 tipe ekosistem mulai dari puncak salju di Pegunungan Jayawijaya hingga ekosistem dasar laut. Indonesia memiliki 12 persen spesies mamalia dunia (peringkat ke-2 dunia), 7,3 persen spesies reptil (peringkat ke-4), 17 persen spesies burung (peringkat ke-5), dan 270 spesies amfibi (peringkat ke-6).

Craig Jung dalam artikel The Biogeography of the Komodo Dragon menyebut komodo (Varanus komodoensis) sebagai reptil karnivora terbesar yang diperkirakan berasal dari era dinosaurus. Mereka tiba di Pulau Flores, Rinca, dan Gili Motang di Nusa Tenggara Timur sekitar 10.000 tahun lalu.

Mumpuni menambahkan, untuk menggali aspek ilmiah komodo, butuh dana besar di tengah terbatasnya dana penelitian Indonesia. Mereka harus berbagi dana penelitian dengan bidang lain yang juga mendesak dilakukan. Solusinya, penelitian komodo dilakukan melalui kerja sama dengan peneliti asing.

Banyak peneliti khusus komodo berasal dari Eropa, khususnya Jerman. Sementara peneliti Indonesia umumnya berlatar belakang ahli herpetologi.

Untuk ahli herpetologi saja, ujarnya, jumlah peneliti Indonesia hanya kurang dari 10 orang. ”Minat meneliti satwa liar kurang karena peneliti harus pergi ke pedalaman, berisiko tinggi, dan tanpa asuransi keselamatan. Padahal, gaji dan dana penelitiannya kecil,” katanya.

Tak dimanfaatkan

Secara terpisah, ahli ekologi dan perilaku alam liar, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, ITB, Achmad Sjarmidi, mengatakan, komodo sebenarnya merupakan obyek penelitian yang menarik. Namun, penelitian yang dilakukan masih sepotong-sepotong sehingga kemampuan yang dimiliki tidak utuh.

Hal itu terjadi karena penelitian komodo belum menjadi prioritas pemerintah. Akibatnya, data penelitian yang ada baru bersifat umum.

Sebagai perbandingan, kata Sjarmidi, Perancis menjadikan penelitian babi hutan sebagai prioritas sehingga memiliki beberapa ahli. Penelitian babi hutan menjadi fokus karena binatang liar tersebut menjadi target perburuan. Dengan data penelitian yang ada, para ahli dapat mengontrol secara penuh jumlah, sebaran, dan nisbah seks babi hutan itu agar tidak punah.

Di Indonesia, pengelolaan komodo dan spesies langka lainnya dilakukan bersifat umum, tanpa berbasis pada data ilmiah yang telah dikumpulkan peneliti. ”Pengelolaan hanya didasarkan pada istilah langka, tetapi tidak jelas jumlah spesiesnya, sebarannya, hingga kapan survei dilakukan,” ujarnya menambahkan.

Sjarmidi menambahkan, minat mahasiswa untuk meneliti kehidupan alam liar Indonesia sangat besar. Namun, mereka terjebak persoalan yang sama seperti yang dialami peneliti ahli di bidangnya, yaitu dana.

Sejumlah mahasiswa pernah mengajukan proposal penelitian alam liar melalui dana penelitian yang dikucurkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. Namun, usaha mereka selalu gagal karena penelitian kehidupan liar tidak termasuk dalam prioritas penelitian pemerintah.
Selengkapnya...

10.000 Planet Bakal Ditemukan Kepler

Wahana ruang angkasa Kepler (a NASA space observatory designed to discover Earth-like planets orbiting other stars.) diperkirakan dapat menemukan minimal 10.000 planet dalam satu dekade mendatang. Demikian dikatakan Geoff Marcy, seorang astronom University of California, Berkeley yang terlibat dalam misi perburuan planet dengan wahana tersebut dalam pertemuan American Astronomical Society bulan lalu di Seattle, AS.

"Dalam beberapa tahun mendatang, Kepler (Teleskop) akan menemukan ribuan planet. Akan ada misi pengikut Kepler dari Eropa, amerika atau keduanya. Saya bertaruh, Pada tahun 2020, astronom akan menemukan 10.000 planet. Sementara pada tahun 2030, mungkin terdapat 20.000 atau 30.000 planet lain juga akan ditemukan," ujar Marcy seperti dilansir Space.com.


Perkiraan temuan planet baru bakal begitu banyak karena Kepler dilengkapi teknologi canggih. Selain itu, ia juga menyebut bahwa peluang ditemukannya banyak planet baru juga didukung kerja keras para astronom yang sangat inovatif.

Meski demikian, Marcy menuturkan bahwa jumlha penemuan baru bukan yang terpenting. Lebih penting lagi adalah kualitas planet yang ditemukan. Yang dimaksudnya dengan kualitas planet adalah berkaitan dengan misi mencari kehidupan di luar Bumi. "Kami ingin planet seukuran Bumi, berada pada zona yang bisa ditinggali," paparnya.

Penemuan planet yang seukuran bumi dan berada pada zona yang bisa ditinggali akan menguak tabir kemungkinan adanya kehidupan lain di luar angkasa. Terlebih juga akan menggali kemungkinan manusia untuk hidup di tempat tersebut.

Kepler seperti diberitakan sebelumnya telah menemukan planet Kepler 10-b. Planet tersebut merupakan planet ekstrasurya yang seukuran Bumi dengan diameter 1,4 kali ukuran Bumi. Meski demikian, kemungkinan tidak dapat ditinggali manusia karena terlalu dekat dengan bintangnya.

Sejauh ini, selain menemukan Kepler 10-b, kabarnya Kepler juga telah menemukan planet alien lain. Hari ini pukul 13.00 EST atau Kamis (3/2/2011) besok pukul 01.00 WIB, NASA akan menggelar konferensi yang mengumumkan planet alien baru temuan Kepler.
Selengkapnya...

2.000 Beasiswa Unggulan 2011 Dari Kemdiknas

Setidaknya 2.000 calon mahasiswa unggulan dari seluruh Indonesia ditargetkan menerima beasiswa dari Program Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2011. Apakah Anda salah satunya?

Program beasiswa yang sudah dijalankan oleh Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) sejak 2006 lalu itu ditujukan untuk calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang S-1 sampai S-3. Selain itu, kerja sama dengan berbagai pihak juga akan dilakukan agar dapat menjaring jumlah penerima beasiswa yang lebih banyak dari tahun sebelumnya.

"Target 2011 yaitu sekitar 2.000 mahasiswa untuk mahasiswa baru, tapi melalui pola kerja sama dengan pihak lain memungkinkan sampai 2.500 mahasiswa jenjang S-1 sampai S-3," kata Koordinator Program Beasiswa Unggulan Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pendidikan Nasional AB Susanto, Selasa (25/01/2011) lalu.

Adapun, 5 sampai 10 persen dari total keseluruhan jumlah itu ditujukan untuk pelamar yang akan melanjutkan studinya ke luar negeri. Hanya, penerima Program Beasiswa Unggulan sampai saat ini masih berpusat di wilayah Pulau Jawa kendatipun sudah ada yang berasal dari luar Jawa seperti Ambon, Aceh, dan Kalimantan.

Diakui, hambatan menjaring mahasiswa di luar Pulau Jawa adalah soal persyaratan. Ada syarat IPK, TOEFL, atau kejuaraan, dan itu yang jarang sekali dipunyai oleh mahasiswa dari luar Jawa.

Namun demikian, usaha untuk mengundang lebih banyak mahasiswa dari luar Pulau Jawa, termasuk mahasiswa dari Indonesia bagian Timur tetap dilakukan. Dikti Kemdiknas akan bekerja sama dengan pihak-pihak ketiga. Artinya, pihak swasta yang nanti akan ditujukan ke mahasiswa yang ada di Indonesia bagian Timur seperti di Papua, NTT, Sulawesi, dan Maluku.

Sebagai catatan, seperti yang dituturkan AB Susanto, untuk mencapai target 2.000 sampai 2.500 mahasiswa baru tersebut sudah disiapkan anggaran sebesar Rp 127 Miliar. Hal itu agar ada kesempatan yang semakin luas bagi orang-orang yang memiliki prestasi unggul untuk bisa kuliah di dalam maupun luar negeri.

Selebihnya, diharapkan para alumni penerima beasiswa nantinya dapat membentuk jejaring. Dengan demikian, diharapkan dapat terjadi upaya saling tukar informasi, baik skil maupun pengalaman selama mendapatkan beasiswa unggulan tersebut.
Selengkapnya...

Rp 100 Miliar untuk Perguruan Tinggi

Kementerian Pendidikan Indonesia (Kemendiknas) terus berupaya menggenjot pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi. Tahun ini, disiapkan anggaran Rp 100 miliar untuk mempermulus program tersebut. Anggaran itu disiapkan untuk membiayai proposal atau blockgrant wirausaha mahasiswa dan beasiswa dosen khusus ilmu kewirausahaan.

Wakil Menteri Pendidikan Fasli Jalan menjelaskan, secara keseluruhan anggaran tersebut akan dikucurkan di pusat-pusat enterpreneur. Pusat-pusat enterpreneur ini didirikan di kampus-kampus negeri di masing-masing provensi. "Yang jelas program ini terus berlanjut," papar mantan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) itu di Jakarta, Minggu (30/1).

Fasli menjabarkan, tahun lalu minat mahasiswa untuk mengajukan proposal wirausaha cukup tinggi. Kemendiknas mencatat tahun lalau ada seratus ribu lebih mahasiswa yang mengajukan proposal tersebut. Masing-masing mahasiswa yang mengajukan proposal wirausaha tersebut, mendapatkan bantuan pembiayaan rata-rata Rp 8 juta. Tahun ini, nilai bantuan diperkirakan tetap.

Sementara pendidikan kewirausahaan juga dilakukan di tingkat pendidikan menengah. Fasli menjelaskan pihak sekolah harus memberikan kredit poin khusus bagi siswa yang menjalankan usaha. "Baik itu usaha sendiri atau ikut orang lain," kata dia.
Sehingga, dengan pemberian kredit poin tambahan tersebut, bisa memacu siswa-siswa lainnya untuk berwirausaha.

Di bagian lain, Dirjen Dikti Kemendiknas Djoko Santoso menjelaskan, pihaknya sudah mengkomunikasikan program kewirausahaan ini kepada perguruan tinggi negeri, maupun perguruan tinggi swasta di bawah koordinasi peguruan tinggi swasta (kopertis). "Secara teknis akan berjalan seperti tahun lalu," kata dia. Yaitu, pemberian anggaran untuk pelatihan dan program kewirausahaan. Keduanya, masih kata Djoko, harus berjalan beriringan.

Djoko menjelaskan, melalui program ini bisa ikut menekan angka pengangguran terbuka lulusan perguruan tinggi di negeri ini. Kemendiknas mencatat, tahun lalu jumlah penganggruan tersebut tidak kurang dari 8,7 juta jiwa. Melalui program kewirausahaan ini, lulusan perguruan tinggi bisa bekerja untuk dirinya sendiri dan memberi pekerjaan kepada orang lain.

Kemendiknas belum mengevaluasi secara rinci program wirausahan ini. Namun, hasil pantauan di lapangan, program kewirausahaan di lingkungan pendidikan tinggi ini mampu menggerakkan mahasiswa untuk melakukan kegiatan kewirausahaan.

Dalam waktu dua tahun setelah mengajukan proposal dan mendapatkan kucuran bantuan tersebut, beberapa mahasiswa yang menjalankan usahanya bisa mengakses bantuan kredit usaha rakyat (KUR). "Bantuan dari kami (Kemendiknas, red) bisa dijadikan pancingan," pungkas Djoko.
Selengkapnya...

Tips Memilih Jurusan yang tepat

Memilih jurusan untuk kuliah di universitas bukanlah urusan yang mudah dan bukan persoalan yang sepele. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dipikirkan masak-masak. Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa jurusan yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai pada drop out (DO) atau dikeluarkannya seorang mahasiswa-mahasiswi karena dinyatakan tidak mampu mengikuti pendidikan yang diikutinya.

Maka dari itu pemilihan jurusan sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan. Salah pilih jurusan merupakan bencana dan kerugian yang besar bagi Anda di masa depan. Berikut cara memilih jurusan di perguruan tinggi yang baik:


1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat
Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawa menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan. Janganlah memilih jurusan teknik geodesi jika Anda ingin menjadi seorang dokter ahli kandungan dan jangan pula memilih jurusan sastra jawa jika bercita-cita menjadi polisi.

Sesuaikan jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat. Jika tidak menyukai hitung-hitungan janganlah mengambil jurusan matematika dan jika tidak menyukai menggambar jangan mengambil jurusan teknik sipil. Kemudian lihat bakat anda saat ini. Mengembangkan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat.

2. Realistis
Selain menyesuaikan keinginan dan minat, Anda harus berpikir realistis. Jangan terlalu idealis. Tanpa bermaksud mendeskreditkan jurusan-jurusan tertentu, ketika Anda sangat menyukai seni berpuisi atau tertarik dengan kajian-kajian islam, Anda tidak perlu serta merta kemudian memilih jurusan sastra Indonesia atau sastra arab.

Namun Anda bisa menjalankan ketertarikan Anda tersebut di luar bangku kuliah, misalnya mengikuti komunitas bahasa atau kajian-kajian islam di universitas. Mengapa? Karena lapangan pekerjaan sejenis jurusan-jurusan tersebut, sangat sulit diperoleh. Bukankah tujuan Anda kuliah adalah untuk memperoleh pekerjaan?

3. Informasi
Carilah informasi sebanyak-banyaknya sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan. Cari dan gali informasi dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional, dan lain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau ikut-ikutan teman.

Internet juga merupakan media yang tepat dan bebas untuk bertanya kepada orang-orang di dalamnya tentang apa yang ingin kita ketahui. Cari situs forum atau chating melalui messenger dengan orang yang dapat dipercaya. Semua informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu memilih jurusan.

4. Lokasi dan Biaya
Bagi orang yang hidup dalam ekonomi atas, memilih jurusan tidak akan menjadi masalah. Biaya yang nantinya harus ditanggung dapat diselesaikan dengan mudah baik dari pengeluaran studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal, dan lain sebagainya. Bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan.

Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi. Jika dana yang ada nanti belum mencukupi, maka carilah beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu atau sponsor. Jangan jadikan pula uang sebagai faktor penghambat masa depan anda!

5. Daya Tampung Jurusan
Perhatikan daya tampung suatu jurusan di perguruan tinggi favorit. Pada umumnya memiliki kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri anda dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. Anda bisa stres jika kehendak anda tidak terpenuhi. Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya.

6. Karir dan Pekerjaan
Lihatlah ke depan setelah anda lulus nanti. Apakah jurusan yang diambil nanti dapat mengantar anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur tidak bekerja. Tidak hanya orang dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, namun juga pengalaman. Tetapi jika kompetensi, keberanian dan kemampuan anda jauh dari orang-orang normal, maka jurusan apapun yang anda ambil sah-sah saja.

Oleh : SUGIARTO
Selengkapnya...

Tips Memilih Perguruan Tinggi


Para orang tua calon mahasiswa saat ini sedang repot-repotnya memikirkan putra/putrinya memilih perguruan tinggi mana yang menjadi pilihan tepat, terutama masalah biaya kuliah yang tambah mahal. Semua orang tua pasti berniat/bercita-cita ingin anaknya menjadi orang yang sukses dalam belajarnya, atau dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Keinginan itu bukan hanya dominasi kaum berada (orang kaya) saja, kaum lemahpun (orang miskin) mempunyai hak dan keinginan yang sama, mungkin hanya prosesnya yang berbeda. Insya Allah bagi kaum lemah jika orang tua memiliki niat yang kuat untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang lebih tinggi akan terkabul. Bukankah dalam hal rizki manusia diberi kesempatan yang sama untuk memperolehnya, sebagaimana firman Allah SWT “Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberi-Nya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (Q.S.Ath-Thalaq: 2-3). Merupakan dambaan dan harapan semua orang tua tentunya.


Tips Memilih Perguruan Tinggi


Untuk memilih perguruan tinggi yang ideal dan tepat atau yang sesuai dengan keinginan tidaklah sulit, walaupun begitu ternyata masih banyak diantara siswa/siswi SMA/SMK yang baru lulus mengalami kesulitan dalam menentukan perguruan tinggi pilihannya. Untuk itu diupayakan penguasaan berbagai sumber informasi. yang lengkap. Karena minimnya informasi dan sulitnya menentukan pilihan, tidak sedikit yang pada akhirnya putus di jalan dan pindah sekolah. Sekarang ini di era digital dan teknologi yang semakin maju dan serba terbuka, mencari informasi Perguruan Tinggi/Universitas baik lokal ataupun sekolah internasional dapat dengan mudah diperoleh baik melalui koran, televisi, dan situs-situs internet. Salah satu situs yang memuat secara lengkap tentang Daftar Perguruan Tinggi dapat dilihat di situs Wikipedia dan banyak situs-situs lainnya. Menurut saya cara ini lebih cepat, murah, dan efisien daripada harus capek-capek mendatangi perguruan tinggi/universitas satu persatu.

Sebelum anda menentukan pilihan perguruan tinggi mana yang menjadi idaman atau favorit anda, alangkah baiknya anda harus memulai dengan beberapa pertanyaan yang mendasar agar tidak tersesat di jalan. Menurut Erni Murniasih (2008) pertanyaan yang paling utama dialami oleh calon mahasiswa/mahasiswi saat memasuki jenjang perguruan tinggi sebagai berikut :

* Bidang studi apa yang menjadi keinginan dan sesuai dengan bakat anda;

* Universitas mana yang tepat dengan bidang studinya:

* Bagaimana lingkungan kampusnya;

* Universitas pada peringkat keberapa tingkat lokal ataupun internasional;

* Berapa biaya kuliah, dan biaya hidup selama kuliah.

Dari beberapa point pertanyaan di atas akan saya simpulkan menjadi 4 (empat) point penting, penjelasannya sebagai berikut :

1. Minat.

Pikirkan dan pahami apa yang menjadi keinginan (minat) Anda. Anda ingin masuk ke jurusan apa. Kalau Anda sudah mengetahuinya, Anda akan lebih mudah memilih universitas. Hal tersebut bisa terjadi karena nyaris semua universitas memiliki spesialisasi jurusan masing-masing. Kalau Anda merasa kesulitan dalam memilih jurusan, ada baiknya Anda mendiskusikannya bersama orang tua atau bahkan teman seangkatan Anda. Berdiskusi dengan senior juga dianjurkan agar Anda mengerti enak atau tidaknya mendalami jurusan tersebut.

2. Jarak.

Selain minat, Anda juga harus memikirkan jarak kampus Anda dari rumah. Kalau terlalu jauh, terkadang dapat membuat Anda jadi merugi, baik waktu, tenaga, maupun biaya. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan cara in the cost (ngekost).

3. Keuangan.

Sebelum Anda memilih sebuah universitas, ada baiknya Anda menyelidiki dan menghitung terlebih dahulu biaya yang diminta oleh pihak perguruan tinggi. Tanyakan atau diskusikan dulu dengan orang tua Anda. Kalau Anda mengalami kesulitan biaya, tidak ada salahnya Anda meminta beasiswa ke perguruan tinggi yang Anda tuju.

4. Universitas/PT

Selidikilah terlebih dahulu perguruan tinggi yang ingin Anda masuki. Cek terlebih dahulu apakah jurusan yang ingin ambil di perguruan tinggi tersebut memiliki akreditasi yang baik atau tidak. Selidiki juga, apakah perguruan tinggi tersebut memiliki program kuliah yang baik atau tidak. Pikirkan juga, apakah prospek Anda setelah lulus dari perguruan tinggi tersebut. Fasilitas yang disediakan juga perlu jadi faktor penentu. Era digital dan internet sekarang ini tidak ada alasan kesulitan mencari informasi. atau kalo masih belum puas juga tidak ada salahnya Anda menanyakan hal tersebut pada teman atau lulusan yang kuliah di perguruan tinggi tersebut.

Selain langkah-langkah di atas, tentunya tidak sampai disitu tetapi dilanjutkan langkah tambahan berikutnya. Untuk langkah berikutnya saya akan bahas pada kesempatan lain. Diakhir tulisan ini akan saya sisipkan link-link tentang daftar dan profile beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang saya sunting diantaranya dari situs Wikipedia..dan Diknas.go.id.

Oleh : Bakri Achmad

Selengkapnya...

Biaya Masuk UI Fleksibel

Universitas Indonesia (UI) tidak membedakan biaya masuk mahasiswa yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri(SNMPTN) melalui jalur tertulis atau jalur undangan.

Kepala Humas UI, Vishnu Juwono, mengatakan, mahasiswa atau mahasiswi yang lulus melalui SNMPTN jalur tertulis dan undangan atau Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan jalur Seleksi Masuk (Simak) UI tidak ada perbedaan.

"Jadi mereka masuk melalui skema biaya operasional pendidikan berkeadilan artinya calon mahasiswa program sarjana reguler akan dikenakan biaya sesuai kemampuan orang tuanya," ungkap Vishnu, kepada mediaindonesia.com, Minggu (16/1).

Sementara ini, UI menetapkan biaya masuk maksimum Rp5 juta untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) per semesternya dan Rp 7,5 juta untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) persemester.

Vishnu mengungkapkan seandainya ada calon mahasiswa yang tidak mampu atau benar benar miskin akan mendapat keringanan membayar biaya masuk UI minimal Rp100 ribu per semester.

"Untuk kategori mahasiswa tidak mampu ini saat penyerahan pendaftaran dokumennya akan dicek tentang kebenaran ketidakmampuan keluarga atau orangtuanya," cetus putra mantan Mendiknas Juwono Sudarsono ini.

Dijelaskan pada tahun ajaran 2009-2010 terdapat sekitar 59 pe persen yang membayar dibawah biaya maksimum di kampus kuning ini. Saat ditanya apakah biaya maksimum IPS dan IPA tersebut tetap atau berubah pada 2011,Vishnu menyatakan kemungkinan besar akan sama.

"Kami masih membahas lebih lanjut apakah tetap atau ada kenaikan namun sepertinya akan sama biaya masuk tersebut," pungkasnya.

Biaya Snmptn Jalur Undangan dan Ujian Tulis Disamakan

Universitas Indonesia (UI) tidak membedakan biaya masuk mahasiswa yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur tertulis atau jalur undangan.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Humas UI Vishnu Juwono kepada Media Indonesia, Senin (17/1).

Ia menjelaskan mahasiswa atau mahasiswi yang lulus melalui SNMPTN jalur tertulis dan undangan atau Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan jalur Seleksi Masuk (Simak) UI tidak ada perbedaan.

"Jadi, mereka masuk melalui skema biaya operasional pendidikan berkeadilan artinya calon mahasiswa program sarjana reguler akan dikenakan biaya sesuai kemampuan orang tuanya," ungkap Vishnu.

Sementara ini, UI menetapkan biaya masuk maksimum Rp 5 juta untuk jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS) per semesternya dan Rp7,5 juta untuk jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) per semester.

Vishnu mengungkapkan, seandainya ada calon mahasiswa yang tidak mampu atau benar-benar miskin, akan mendapat keringanan membayar biaya masuk UI minimal Rp100 ribu per semester. "Untuk kategori mahasiswa tidak mampu ini saat penyerahan pendaftaran dokumennya akan dicek tentang kebenaran ketidakmampuan keluarga atau orangtuanya," cetus Vishnu Juwono yang juga putra mantan Mendiknas Juwono Sudarsono ini.

Ia menjelaskan, pada tahun ajaran 2009-2010 terdapat sekitar 59 persen yang membayar dibawah biaya maksimum di kampus kuning ini.

Saat ditanya, apakah biaya maksimum IPS dan IPA tersebut tetap atau berubah pada 2011? Vishnu menyatakan kemungkinan besar akan sama. "Kami masih membahas lebih lanjut apakah tetap atau ada kenaikan namun sepertinya akan sama biaya masuk tersebut," pungkasnya.
Selengkapnya...

Kuota Resmi Snmptn 2011

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) 2011 sediakan 165.034 kursi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dari 165.034 kursi akan dialokasikan untuk jalur undangan 53.850 kursi atau 33 persen. Sementara SNMPTN jalur ujian tertulis keterampilan 111.184 kursi atau 67 persen.

HERRY SUHARDIYANTO Ketua Umum Panitia SNMPTN 2011 mengatakan khusus untuk jalur undangan dibuka mulai 1 Pebruari sampai 12 Maret 2011 secara online melalui http://undangan.snmptn.ac.id. Jalur ini hanya terbuka untuk siswa berprestasi yang direkomendasikan sekolah.

Jalur undangan ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat seperti pemenang olimpiade, sains, olahraga, serta seni tingkat nasional maupun internasional.

Jalur undangan yang tadinya hanya untuk SMA, MA, SMK, MAK berakreditasi A dan B kini juga untuk sekolah berakreditasi C.

M NUH Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) menjelaskan, penerimaan mahasiswa baru menjadi bagian dari kewenangan rektor, namun tetap mengacu pada PP no. 66 Tahun 2010 tentang penerimaan mahasiswa baru.

SNMPTN tahun ini diperkirakan akan diikuti sekitar 700.000 peserta. Mereka harus berjuang keras untuk memperebutkan 165.034 kursi.
Selengkapnya...

Cara Memilih Jurusan Yang Tepat di Perguruan Tinggi

Berhati-hatilah dalam memilih program studi yang diminati, jika ingin diterima seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN, baik melalui melalui jalur undangan nasional maupun ujian tulis.

Peran guru BP (bimbingan dan Penyuluhan) sangat penting atau konsultan yang handal yang bisa membingming dengan baik dan benar untuk menyadarkan siswa pada pilihan program studinya. Paling tidak, sejak awal sekolah harus memahami peta kemampuan siswa, serta jumlah calon mahasiswa di sebuah prodi.


Strategi Snmptn Jalur Undangan

Ingat Salah dalam memilih, bisa gagal.Semua proses dilakukan oleh mesin komputer yang sudah terprogram. Semua berjalan dengan data yang sudah dimasukkan oleh sekolah. Selain itu, penentuan siapa yang akan diterima lewat jalur ini ditentukan oleh Pantukir (Panitia Penentu Akhir) dalam rapat bersama rektor PTN se Indonesia di Kemendiknas Jakarta.

Bisa jadi siswa dengan ranking I di sekolah malah tidak diterima jalur tanpa tes ini, sementara siswa dengan ranking tidak terlalu bagus, malah diterima. Tentu karena prodi pilihannya berbeda.

Pada sistem baru ini siswa bisa memilih dua PTN di antara 60 PTN se Indonesia. Setiap PTN bisa memilih tiga prodi. Tentu pilihan pertama akan menjadi prioritas utama penyaringan. Misalnya pilihan pertama di UNS prodinya Pendidikan Kedokteran, pilihan kedua Teknik, dan pilihan ketiga Pertanian. Maka nilai siswa akan masuk ke saringan pertama bersama pendaftar lainnya di Pendidikan Kedokteran. Jika tidak masuk, baru ke prioritas pilihan kedua, dan seterusnya.

Jika pada PTN pertama tidak masuk semua, baru dimasukkan ke PTN kedua, misalnya Undip. Prosesnya juga sama, disaring pada pilihan pertama dulu di Undip, seterusnya sampai prioritas pilihan prodi ketiga.

Di sini pentingnya harus tahu berapa calon mahasiswa yang diambil lewat jalur undangan ini, di setiap prodi di sebuah PTN. Jangan terlalu memaksa harus memilih prodi tertentu hanya karena senang. Tetapi lihat nilai dan daya tampung.

Melalui laman (website) http://www.undangan.snmptn.ac.id, seluruh PTN akan memajang berapa calon mahasiswa yang diterima. Harap dipertimbankan pula, lanjutnya, pendaftarnya se Indonesia, sehingga harus tepat memilih. Tepat saja masih belum tentu diterima, apalagi asal-asalan. Jadi koordinasi antara siswa, orang tua, guru BP dan kepala sekolah sangat diperlukan. Jangan menyesal kemudian.

Strategi Snmptn Jalur Ujian Tulis / Keterampilan

Dalam jalur ini kehari-hatian tetap dibutuhkan dengan didasari beberapa strategi antara lain :

Pilihlah Jurusan yang sesuai dengan minatmu, jangan tergoda karena hanya pengaruh teman atau lingkungan.

Sesuaikan tingkat kesulitan masuknya dengan kemampuanmu.

Kenali seberapa kuatkah kemampuan pesaingmu, yakni peserta Snmptn yang memilih jurusan yang sama di Perguruan Tinggi yang tidak berbeda.

Berlatihlah soal-soal secara terarah dan terpadu. Silakan ambil latihan Soal Snmptn 2011 disini.

Ok kakak doakan semoga kamu sukses!



Selengkapnya...

Latihan Soal Ujian Sekolah 2011

Admin blog merancang berbagai jenis Latihan Soal Ujian Sekolah 2011 mulai tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK tahun 2011, dengan harapan dapat membantu para siswa di setiap jenjang pendidikan dalam mempersiapkan Ujian Sekolah tahun 2011 yang tampak lebih penting dari sebelumnya sebab Ujian Sekolah seperti diatur dalam Dalam Permendiknas tentang UN 2010/2011 dicantumkan bahwa hasil ujian sekolah mempengaruhi nilai hasil UN. Persentasenya 60% untuk bobot hasil UN dan sisanya dari ujian sekolah.

Staf Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Prof Djemari menjelaskan, dalam formula hasil UN tersebut, nilai UN tidak berdiri sendiri, melainkan diintegrasikan dengan prestasi pelajar selama sekolah melalui nilai rapor serta ujian sekolah.

Diakuinya, formula UN ini sebelumnya sudah dikaji dari berbagai aspek, termasuk untuk penetapan bobot nilai hasil UN 60% dan nilai ujian sekolah sebesar 40%.

Ditambahkannya, hasil UN yang sudah diintegrasikan itu, tidak hanya sebagai pemetaan mutu program dan satuan pendidikan, tapi juga akan menjadi dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya. Untuk kriteria kelulusan, diformulakan menjadi nilai gabungan perpaduan nilai UN (X) dan Nilai Sekolah (Y) dalam setiap mata pelajaran UN dengan formula NG= 0,6 X + 0,4 Y.

“Y merupakan nilai sekolah yang terdiri dari nilai rata-rata hasil ujian sekolah dan nilai rapor semester tiga, empat dan lima yang berasal dari hasil penilaian guru yang bisa berupa hasil ujian sekolah, ulangan, tugas dan praktikum,” tuturnya.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Tinggi Dinas Pendidikan Sumut (Disdiksu), Drs Ilyas Sitorus MPd, menyatakan, perguruan tinggi menjadi koordinator pengawasan Ujian Nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK pada April mendatang. Menurutnya, kebijakan itu sesuai aturan pelaksanaan UN yang telah dikeluarkan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), beberapa waktu lalu. “Selain itu, PT juga bertanggungjawab dalam pengawasan, termasuk berhak menetapkan guru pengawas UN, pencetakan dan pendistribusian naskah soal Ujian Nasional,” paparnya.

Di hadapan seluruh kepala Dinas Pendidikan kabupaten/kota se-Sumut, staf Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Prof Djemari dan Puspendik Depdiknas, Robert Pakpahan, ia mengemukakan, pengawas UN diambil dari guru mata pelajaran yang tidak sedang diujikan dan sebelumnya telah ditetapkan perguruan tinggi bersama dinas pendidikan dan kantor kementerian kabupaten/kota.

Mengenai soal hasil UN yang dapat menjadi tiket masuk bagi para pelajar ke perguruan tinggi negeri (PTN), ia mengaku belum tertera dalam keputusan Mendiknas dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 tahun 2010 tentang kriteria kelulusan peserta didik pada SMP/MTS, SMP LB, SMA/MA, SMA LB dan SMK tahun 2010-2011. Begitu juga prosedur dan mekanisme secara menyeluruh tentang UN.

“Kita baru menyosialisasikan keputusan Mendiknas yang sudah tertuang dalam Permen, termasuk menyosialisasikan kisi-kisi UN untuk setiap jenjang. Mengenai POS (Prosedur Operasional Standar, red), nanti akan ditetapkan BNSP. Jika POS UN sudah dikeluarkan, maka kita akan segera menyosialisasikannya ke setiap kabupaten/kota,” paparnya.

Secara terpisah, Ketua Dewan Pendidikan Medan, Mutsyuhito Solin, menyambut positif penyelenggaraan UN tahun ini, karena PT berperan besar dalam pengawasan. “Kita menyambut baik tentunya kebijakan ini. Sebab, semakin banyak yang mengawasi penyelenggaraan UN maka akan dapat semakin meminimalisir kecurangan-kecurangan yang terjadi,” ujarnya, lantas memperkirakan, jika hasil UN juga menjadi pertimbangan bagi siswa untuk masuk ke PTN, maka pengawasan yang dilakukan PT bakal kian ketat.
Selengkapnya...

Soal UN 2011 Dibuat 5 Paket

Soal Ujian Nasional (UN) 2011 dipastikan tak seragam.Itu dilakukan untuk mengeliminasi kecurangan yang terjadi saat pelaksanaan UN, sebagaimana terjadi tahun lalu.

Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Gunawan Indrayanto menuturkan, soal-soal UN yang disajikan nanti dibuat dalam enam paket dengan isi soal yang berbeda. Di mana lima paket untuk soal inti dan satu paket sebagai cadangan. “Sengaja dibuat berbeda-beda supaya dalam satu ruangan itu peserta tidak melakukan kerja sama karena setiap soal tidak sama,meski dalam pembagian nanti di setiap ruangan itu kemungkinan yang memperoleh soal sama hanya satu hingga dua orang,” ujar dia saat memberikan sosialisasi kisi-kisi pada pelaksanaan UN kepada Kepala DinasPendidikan(Diknas) se-Sulsel di Singgasana Hotel,kemarin.


Tak hanya soal yang berubah, dalam penentuan kelulusan siswa tidak lagi mengacu pada nilai UN. Namun,akan mempertimbangkan nilai ujian sekolah (US),nilai akhir harus baik untuk penilaian empat mata pelajaran, serta menyelesaikan seluruh program pembelajaran sesuai jenjang pendidikan. Empat mata pelajaran yang dimaksud, yakni agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, estetika, dan pelajaran jasmani, olahraga, serta kesehatan.

Selain itu, pelaksanaannya tidak lagi menerapkan sistem pengulangan seperti sebelumnya. “Sistem ini baru pertama kali diterapkan.Itu mengacu pada hasil masukan sejumlah masyarakat dan tenaga didik terkait pelaksanaan UN tahun sebelumnya yang dinilai banyak merugikan siswa,” ungkap dia. Tim BSNP akan melakukan uji petik di sejumlah lokasi UN di seluruh Indonesia dengan mengambil satu sampel lembar jawaban UN (LJUN) dan langsung membawa ke Jakarta guna diperiksa.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel Patabai Pabokori mengatakan, target kelulusan UN tahun ini diharapkan bisa menyamai tahun lalu sekitar 98,9%,kalau perlu jumlah persentase kelulusannya bisa meningkat, apalagi polanya hanya sekali ujian. “Pengawas tetap sistem silang. Guru dan dosen juga dilibatkan. Khusus guru yang diberikan tugas mengawas mata pelajarannya tidak terkait mata pelajaran pada UN,” katanya.

Di sisi lain, untuk pembuatan soal diserahkan sepenuhnya ke BSNP. Sekretaris Disdik Sulsel Abdullah Jabar memaparkan, sampai saat ini jumlah peserta siswa masih belum rampung,jika dipersentasekan baru sekitar 80%. Itu disebabkan masih adanya sejumlah daerah yang belum memasukkan data kepesertaan. Berdasarkan data sementara, peserta UN sebanyak 173.636 peserta. Dari jumlah itu, untuk SMA 42.464 orang, madrasah aliyah (MA) 9.420 orang, SMK 30.500 orang, dan SMP/MTs 91.252 orang.

Dengan standar nilai UN 5,5.“Masih ada kabupaten/kota yang belum memasukkan datanya.Karena itu, kami deadline sampai hari ini,” papar dia. Daerah yang belum lengkap datanya, yakni untuk tingkat SMP/MTs Kabupaten Jeneponto, Bulukumba, Luwu Timur, Enrekang, Sinjai, dan Selayar. Untuk tingkat SMA hanya kota Makassar. Ketua Dewan Pendidikan Sulsel Prof Halide merespon positif perubahan pelaksanaan UN itu.


Download Latihan Soal UN 2011



Latihan Soal UN SMA / MA Tahun 2011 (6 paket latihan soal)

Latihan Soal UN SMP / MTs Tahun 2011 (6 paket latihan soal)

Latihan Soal UN SD / MTs (UASBN) Tahun 2011 (5 paket latihan soal)

Latihan Soal UN SMK Tahun 2011 (5 paket latihan soal)

Latihan UN Paket C (Ujian Nasional Persamaan SMA / MA) Tahun 2011

Selain dilakukan transparan, juga menutup peluang para siswa saling menyontek dengan adanya perbedaan soal. Akibat perubahan itu, pola sosialisasi yang telat dilakukan dan belum lengkapnya data peserta dikhawatirkan bisa menghambat pelaksanaan UN. “Tahun ini guru dan siswa diharapkan maksimal dalam mempersiapkan diri menghadapi UN.Di sinilah dipertaruhkan kemampuan siswa mengingat tidak ada lagi pengulangan, ”tandasnya.
Selengkapnya...

  © Kolom Panduan by Good Bloggers

Back to TOP