Soal UN 2011 Dibuat 5 Paket

>> Wednesday, February 2, 2011

Soal Ujian Nasional (UN) 2011 dipastikan tak seragam.Itu dilakukan untuk mengeliminasi kecurangan yang terjadi saat pelaksanaan UN, sebagaimana terjadi tahun lalu.

Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Gunawan Indrayanto menuturkan, soal-soal UN yang disajikan nanti dibuat dalam enam paket dengan isi soal yang berbeda. Di mana lima paket untuk soal inti dan satu paket sebagai cadangan. “Sengaja dibuat berbeda-beda supaya dalam satu ruangan itu peserta tidak melakukan kerja sama karena setiap soal tidak sama,meski dalam pembagian nanti di setiap ruangan itu kemungkinan yang memperoleh soal sama hanya satu hingga dua orang,” ujar dia saat memberikan sosialisasi kisi-kisi pada pelaksanaan UN kepada Kepala DinasPendidikan(Diknas) se-Sulsel di Singgasana Hotel,kemarin.


Tak hanya soal yang berubah, dalam penentuan kelulusan siswa tidak lagi mengacu pada nilai UN. Namun,akan mempertimbangkan nilai ujian sekolah (US),nilai akhir harus baik untuk penilaian empat mata pelajaran, serta menyelesaikan seluruh program pembelajaran sesuai jenjang pendidikan. Empat mata pelajaran yang dimaksud, yakni agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, estetika, dan pelajaran jasmani, olahraga, serta kesehatan.

Selain itu, pelaksanaannya tidak lagi menerapkan sistem pengulangan seperti sebelumnya. “Sistem ini baru pertama kali diterapkan.Itu mengacu pada hasil masukan sejumlah masyarakat dan tenaga didik terkait pelaksanaan UN tahun sebelumnya yang dinilai banyak merugikan siswa,” ungkap dia. Tim BSNP akan melakukan uji petik di sejumlah lokasi UN di seluruh Indonesia dengan mengambil satu sampel lembar jawaban UN (LJUN) dan langsung membawa ke Jakarta guna diperiksa.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel Patabai Pabokori mengatakan, target kelulusan UN tahun ini diharapkan bisa menyamai tahun lalu sekitar 98,9%,kalau perlu jumlah persentase kelulusannya bisa meningkat, apalagi polanya hanya sekali ujian. “Pengawas tetap sistem silang. Guru dan dosen juga dilibatkan. Khusus guru yang diberikan tugas mengawas mata pelajarannya tidak terkait mata pelajaran pada UN,” katanya.

Di sisi lain, untuk pembuatan soal diserahkan sepenuhnya ke BSNP. Sekretaris Disdik Sulsel Abdullah Jabar memaparkan, sampai saat ini jumlah peserta siswa masih belum rampung,jika dipersentasekan baru sekitar 80%. Itu disebabkan masih adanya sejumlah daerah yang belum memasukkan data kepesertaan. Berdasarkan data sementara, peserta UN sebanyak 173.636 peserta. Dari jumlah itu, untuk SMA 42.464 orang, madrasah aliyah (MA) 9.420 orang, SMK 30.500 orang, dan SMP/MTs 91.252 orang.

Dengan standar nilai UN 5,5.“Masih ada kabupaten/kota yang belum memasukkan datanya.Karena itu, kami deadline sampai hari ini,” papar dia. Daerah yang belum lengkap datanya, yakni untuk tingkat SMP/MTs Kabupaten Jeneponto, Bulukumba, Luwu Timur, Enrekang, Sinjai, dan Selayar. Untuk tingkat SMA hanya kota Makassar. Ketua Dewan Pendidikan Sulsel Prof Halide merespon positif perubahan pelaksanaan UN itu.


Download Latihan Soal UN 2011



Latihan Soal UN SMA / MA Tahun 2011 (6 paket latihan soal)

Latihan Soal UN SMP / MTs Tahun 2011 (6 paket latihan soal)

Latihan Soal UN SD / MTs (UASBN) Tahun 2011 (5 paket latihan soal)

Latihan Soal UN SMK Tahun 2011 (5 paket latihan soal)

Latihan UN Paket C (Ujian Nasional Persamaan SMA / MA) Tahun 2011

Selain dilakukan transparan, juga menutup peluang para siswa saling menyontek dengan adanya perbedaan soal. Akibat perubahan itu, pola sosialisasi yang telat dilakukan dan belum lengkapnya data peserta dikhawatirkan bisa menghambat pelaksanaan UN. “Tahun ini guru dan siswa diharapkan maksimal dalam mempersiapkan diri menghadapi UN.Di sinilah dipertaruhkan kemampuan siswa mengingat tidak ada lagi pengulangan, ”tandasnya.

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

Loading...

  © Kolom Panduan by Good Bloggers

Back to TOP