Bank Soal Matematika UN SMP

>> Friday, February 4, 2011

Pada UN SMP/MTs tahun 2009 dan pada Ujian Nasional SMP/MTs 2010 tidak terdengar banyak keluhan tentang kesulitan soal Matematika tingkat SMP/MTs pada Ujian nasional. Matematika memang sering dianggap momok, ilmu yang sulit dipelajari dan membosankan. Tetapi, dengan pendekatan berbeda seperti mamakai bahasa dan logika pada soal cerita, Matematika justeru ilmu yang menyenangkan.
Dengan membiasakan diri memakai metode pembelajaran bahasa dan logika pada soal cerita, kemampuan siswa tidak lagi dibentuk dengan cara hanya menghapal rumus atau menghitung.

Cara sederhana dalam menawarkan metode pembelajaran kepada para siswa. Di Amerika Serikat (AS) misalnya, kemampuan bahasa adalah nomor satu, sementara Matematika nomor dua.

Tidak mengherankan, penekanan itu membuat siswa di AS lebih mudah memahami Matematika.

Dipandang perlu menerjemahkan materi-materi pelajaran Matematika dalam konsep teori bahasa, baik itu dalam Bahasa Indonesia maupun Inggris. Lain halnya di Singapura,di sana, guru menerjemahkan aljabar dengan gambar-gambar dan teks yang kerap mereka sebut dengan nama 'unit'. Karena bahasa berfungsi sebagai alat pemahaman paling mudah dan sederhana, soal cerita bisa menyesuaikan berbagai kasus Matematika, sementara jika tetap dengan rumus belum tentu siswa bisa memahaminya.


Kurikulum adalah kendala, tampaknya hal tersebut cukup membuat metode ini belum bisa sepenuhnya diterapkan. Di Sevilla School, misalnya, selain menggunakan kurikulum Cambridge, pengajaran Matematika juga masih berbekal pegangan dari kurikulum Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Pengajaran matematika di Indonesia sepertinya masih dipenuhi beragam kegiatan yang bersifat verbalistik dan mekanis. Materi dan strategi pembelajaran yang dipilih terarah dan terfokus pada upaya peningkatan kemampuan intelektual siswa, yaitu cara berpikir kritis dan kreatif.

Wah ngomong-ngmong sudah siapkah kamu UN Matematika? siap atau belum siap, silakan Download Koleksi Soal Matematika UN SMP/MTs dari UN tahun 2000 s.d. 2009 disini.


Kami juga merekomendasikan Latihan Soal UN 2011 untuk SMA/MA, SMP/MTs, SD/MI, SMK, UN Paket (Ujian Persamaan) yang dibuat oleh para penulis handal (setiap jenjang rata-rata diberikan 4 kaket latihan disertai jawaban atau pembahasannya, Anda boleh mengunduhnya disini.

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

  © Kolom Panduan by Good Bloggers

Back to TOP