Perihal USM ITB Dihapuskan

>> Sunday, February 6, 2011

Mulai tahun ini Institut Teknologi Bandung (ITB) menghapus ujian saringan masuk (USM) dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB). Sebagai gantinya, ITB hanya melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana secara nasional, yakni melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan, serta jalur ujian tertulis dan keterampilan.

"ITB akan menerima mahasiswa baru 100% dari SNMPTN dengan komposisi 60% jalur undangan dan 40% jalur ujian tertulis dan keterampilan," ungkap Wakil Rektor bidang Komunikasi, Kemitraan, dan Alumni ITB, Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z. Abidin pada jumpa pers di Gedung Rektorat ITB, Jln. Tamansari Bandung, Kamis (13/1).

Disebutkan Hasanuddin, diambilnya jalur 100% SNMPTN untuk PMB di ITB ini, sesuai peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Nomor 34/2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana. Selain itu, ITB pun akan menyediakan minimal 20% bagi mahasiswa baru dari kalangan kurang atau tidak mampu dari keseluruhan mahasiswa baru.

"Jadi kemungkinan mahasiswa yang kurang mampu atau tidak mampu di ITB bisa lebih dari 20%," tandasnya.

Hasanuddin menyebutkan, untuk jalur undangan akan ditentukan panitia nasional dan bukan oleh PTN. Nantinya panitia nasional akan mengirimkan undangan ke sekolah-sekolah berprestasi dalam lulusannya serta sekolah itu minimal terakreditasi B.

"Bagi sekolah yang menerima undangan bisa mendaftarkan para siswa yang berprestasi melalui kepala sekolah masing-masing ke panitia nasional SNMPTN," tambahnya.

Setelah masuk, nantinya pihak ITB akan menyeleksi calon mahasiswanya sesuai prestasi akademiknya yang dilihat dari buku rapor maupun lainnya.

Masuk ITB Hanya Satu Jalur Melalui SNMPTN

Seperti yang dilansir situs resmi Ujian Saringan Masuk itb.ac.id/usm-itb, ITB hanya menerima mahasiswa program sarjana melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN). Hal tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 34/2010 tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana.

Berkenaan dengan hal tersebut, ITB meminta seluruh informasi mengenai sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITB 2011 yang pernah terbit sebelum Senin, 10 Januari 2011 agar diabaikan. Termasuk informasi tentang pelaksanaan PMBP-ITB 2011, KN-ITB 2011, dan program Beasiswa seperti Bidik Misi, BIUS, Beasiswa Ekonomi Lemah, dan lain sebagainya.

Saat dikonfirmasi Kantor Berita kepada seksi penyaringan mahasiswa, Rabu (12/01/2011), ITB masih merembukkan rencana selanjutnya terkait keputusan tersebut, seperti masalah keuangan, beasiswa, dan program studi yang selama ini hanya menggunakan penyaringan mandiri. Mereka berharap keputusan final bisa didapatkan dalam minggu ini. Jika ada informasi baru, hal tersebut akan segera dipublikasikan pada situs resmi USM.

Kabar penghapusan USM ini memang mengejutkan banyak pihak. Di situs mikro blogging twitter cukup banyak pengguna yang menanyakan hal ini. Seperti yang ditulis oleh @nilamastari : Demi apa lu? Seriusan?! RT @DeviNathania: Gak ada cyiiin..RT @nilamastari: Eh SERIUSAN PMBP ITB NGGAK ADA?

Atau seperti yang ditulis oleh Billy Richardo pada akun nya @billyrch: USM ITB GA ADA LAGI>>>> SPEKTAKULAR>>> itb dpt duit drmana donk?

Ada pula pihak yang kecewa dengan penghapusan USM ini. @dididiardi misalnya, dalam sebuah twitnya ia menulis @dididiardi: Okay thanks mendiknas lu menghancurkan semangat itb gw

Namun, tak sedikit pula pengguna yang mendukung keputusan tersebut. Seperti yang ditulis oleh @selvyrosa: Seriusan?mulai taun ini ken? RT @kenny_ald: Gile ITB gk pake USM+Kemitraan lagi! Good..good...

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

  © Kolom Panduan by Good Bloggers

Back to TOP