Sistem Pengawasan UN 2011

>> Thursday, February 3, 2011

Sistem Pengawasan UN 2011 berbeda dengan pelaksanaan UN 2010. Pada UN tahun 2011 pelaksanaan ujian nasional (UN) dilakukan tanpa melibatkan pengawasan dari tim pengawas independen sebagaimana pada pelaksanaan UN 2010, karena akan dilakukan oleh tim pengawas satuan pendidikan. Sistem pengawasan hanya dilakukan oleh unsur perguruan tinggi negeri yang ditunjuk oleh Departemen Pendidikan Nasional. Sistem pengawasan yang dilakukan sesuai ketentuan Departemen Pendidikan Nasional ialah satu sekolah satu orang, dan pelaksanaannya lebih longgar. Pada pelaksanaan UN kali ini, pengawas bisa masuk ruang kelas, berbeda dengan pelaksanaan UN 2010.


BNSP mengakui, pihaknya memang telah memberikan sebagian wewenangnya kepada PTN dalam pelaksanaan UN tahun ajaran 2010/2011. Diantaranya, pelaksanaan dan pengawasan UN SMA/MA dan SMK, pemindaian Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) SMA/MA dan SMK, dan pengawasan penggandaan dan distribusi naskah UN. Sedangkan untuk pemindaian LJUN SMP/MTs dilakukan oleh penyelenggaraan Ujian Nasional tingkat provinsi. Selain itu, tingkat SD hanya melibatkan Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing daerah.

Dijelaskan, proses penggandaan naskah soal UN ini akan dilakukan oleh penyelenggara tingkat provinsi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Bahkan, lanjut dia, prosedur penggandaan naskah soal UN tersebut juga sudah diatur di dalam Prosedur Operasi Standar (POS) UN yang ditetapkan oleh BSNP.

Selain itu, pengawasan ruang UN pada setiap sekolah/madrasah, BSNP juga menetapkan bahwa akan dilakukan oleh tim pengawas yang terdiri dari guru-guru yang mata pelajarannya tidak sedang diujikan. Selanjutnya, pengawasan ruang UN ini juga diatur dengan sistem acak dalam satu kabupaten/kota. Intinya, guru yang mata pelajarannya sedang diujikan tidak diperbolehkan di dalam lokasi sekokah/madrasah penyelenggara UN. Hal ini benar-benar harus diperhatikan oleh setiap sekolah/madrasah.

Sebelumnya, Anggota BSNP Prof Mungin Eddy Wibowo juga mengungkapkan bahwa sistem pengawasan ujian nasional (UN) pada tahun 2011 mendatang akan diubah. Rencananya dalam pengawasan, perguruan tinggi hanya akan turut memantau pada UN tingkat SMA/SMK/MA.

Menurutnya, dalam pelaksanaan UN, tim pengawas independen dari perguruan tinggi tetap dilibatkan, tapi itu hanya di tingkat SMA/SMK/MA saja. Sedangkan untuk SMP/MTs, dan tingkat SD hanya melibatkan Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing daerah. Jadi perguruan tinggi tidak ikut terlibat dalam pemantauan UN tingkat SMP/MTs. Pasalnya, kelulusan SMP/MTs nanti akan digunakan untuk tingkat SMA/SMK, demikian ditegaskan.

Untuk semua Latihan Soal UN SMA 2011 silakan Unduh disini. Kami juga merekomendasikan Latihan Soal UN SMA/MA 2011 yang dibuat oleh para penulis handal (semuanya ada sekitar 6 paket), Anda boleh mengunduhnya disini.

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

  © Kolom Panduan by Good Bloggers

Back to TOP