UN Jadi Acuan Masuk PTN 2012

>> Sunday, December 12, 2010

Hasil ujian nasional (UN) akan menjadi acuan masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Program tersebut targetnya akan dilakukan pada 2012.

Hal ini disampaikan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh Di sela-sela peresmian Taman Bacaan Masyarakat (TBM) milik Pesantren Putri NU Surabaya di kompleks Rumah Sakit Islam (RSI) Wonokromo, Surabaya, Ahad (12/12).

"Pelaksanaan UN akan kami bahas, Senin (13/12), tapi insya-Allah UN mulai tahun depan (masa setelah tahun ajaran 2011/2012 atau tahun 2012) bisa jadi acuan masuk PTN," kata Nuh kepada Antara.

Menurut Nuh, ada dua formula untuk UN. "Dua formula untuk UN adalah komprehensifness dan kontinuitas. Komprehensifness adalah UN merupakan perpaduan nilai prestasi kognitif, afektif, dan psikomotorik," kata mantan Menkominfo itu.

Nuh menjelaskan, komprehensifness berarti nilai UN tidak hanya mempertimbangkan prestasi semata, namun melihat nilai dari kelas satu hingga lulus, lalu dipadukan nilainya.

"Untuk kontinuitas, kami usahakan hasil UN di SMA akan dapat dipakai untuk PTN. Target kami ya mulai tahun (ajaran) mendatang," kata mantan Rektor ITS Surabaya itu.

Ditanya tentang keinginan anggota DPR agar tidak ada UN ulangan, ia mengatakan hal itu akan dibicarakan dengan anggota Komisi X DPR RI."Nanti, kami bahas dengan DPR. Kita tunggu saja hasilnya," katanya.

Tahun 2010, jumlah siswa SMA yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (PT) sangat tinggi, yaitu sebanyak 59,8 persen, sedangkan jumlah mahasiswa saat ini mencapai 4,66 juta.

Sementara itu, dalam peresmian TBM itu, Mendiknas menilai TBM di kompleks rumah sakit merupakan Ruang Balai Belajar Bersama (RB3) yang pertama di rumah sakit di Indonesia."Hingga kini tercatat 3.500 TBM di Indonesia dan tahun 2011 akan targetkan bertambah 500 TBM lagi," katanya didampingi Direktur Pendidikan Masyarakat Kemdiknas Ella Yulaelawati.

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

  © Kolom Panduan by Good Bloggers

Back to TOP