Prosedur Pendaftaran Online USM ITB 2011

>> Friday, December 17, 2010

Calon peserta yang berminat untuk mengikuti PMBP-ITB 2011, harus mendaftarkan diri secara online di situs http://usm.itb.ac.id/, dengan menggunakan nama asli dan alamat e-mail yang valid. Pendaftaran online dimulai pada tanggal 1 Februari 2011 dan berakhir pada tanggal 31 Maret 2011. Calon peserta yang ingin mendaftarkan diri harus memenuhi ketentuan persyaratan peserta PMBP-ITB 2011. Prosedur pendaftaran calon peserta adalah sebagai berikut:



Deskripsi Skema


1. Calon peserta membuat account di situs pendaftaran online PMBP-ITB 2011 dengan menggunakan alamat e-mail yang aktif. Calon peserta akan diminta untuk membuat password. Situs pendaftaran online PMBP-ITB 2011 akan mengirimkan e-mail ke alamat e-mail calon peserta untuk memeriksa validitas alamat e-mail calon peserta. Setelah menerima e-mail dari ITB, calon p eserta melakukan login ke situs pendaftaran online PMBP-ITB 2011 dengan menggunakan alamat e-mail dan password yang telah dibuat. Bila calon peserta lupa dengan password yang telah dibuatnya, silakan gunakan fasilitas "Lupa Password". Calon peserta tidak diperkenankan memiliki lebih dari 1 account di situs pendaftaran online PMBP-ITB 2011.
2. Setelah login berhasil, calon peserta dipersilakan mengisikan data diri ke kolom-kolom yang tersedia di situs pendaftaran online PMBP-ITB 2011.
1. Nama calon peserta, nama orang tua calon peserta, tempat dan tanggal lahir calon peserta, harus dituliskan sesuai dengan penulisan yang tertera pada Akte Kelahiran Calon Peserta.
2. Pilihan jalur ujian akan tampil sesuai dengan bidang studi SLTA calon peserta. Calon peserta dapat memilih jalur ujian sesuai ketentuan bidang studi di SLTA sebagai berikut:
1. Jalur uji Sains & Teknik bagi lulusan SMA IPA tahun ijazah 2009, 2010, dan 2011.
2. Jalur uji Bisnis & Manajemen bagi lulusan SMA IPA/IPS tahun ijazah 2009, 2010, dan 2011.
3. Jalur uji Seni Rupa & Desain bagi lulusan SMA/SMK tahun ijazah 2009, 2010, dan 2011.
3. Pilihan Fakultas/Sekolah akan tampil sesuai dengan jalur ujian yang dipilih calon peserta.
4. Setiap calon peserta harus mengisikan nilai BPM sesuai dengan ketentuan. Nilai BPM minimum yang harus diisikan peserta akan tampil sesuai dengan pilihan Fakultas/Sekolah yang diisikan calon peserta.
1. Bila pilihan peserta PMBP-ITB 2011 mengandung Sekolah Bisnis dan Manajemen, BPM minimum yang dibebankan adalah sebesar Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah)
2. Bila pilihan peserta PMBP-ITB 2011 tidak mencantumkan Sekolah Bisnis dan Manajemen, BPM minimum yang dibebankan adalah sebesar Rp. 65.000.000,- (enam puluh lima juta rupiah)
3. Nilai BPM dibawah ketentuan tersebut menyebabkan pendaftaran calon peserta tidak dapat dilanjutkan.
5. Seluruh kolom yang tersedia harus diisi lengkap. Situs pendaftaran online PMBP-ITB 2011 akan menolak menyimpan data calon peserta yang belum melengkapi pengisian data diri.
6. Data calon peserta akan dianggap valid dan disimpan di dalam sistem bila peserta telah melakukan finalisasi dan melakukan pencetakan data final di situs pendaftaran online PMBP-ITB 2011.
1. Setelah melakukan finalisasi data di pendaftaran online PMBP-ITB 2011, calon peserta tidak dapat mengubah data apa pun untuk keperluan apa pun.
2. Calon peserta harus melakukan pencetakan data final dari situs pendaftaran online PMBP-ITB 2011. Print out data final tersebut merupakan salah satu dokumen persyaratan peserta PMBP-ITB 2011 .
3. Calon peserta yang belum melakukan finalisasi, walaupun telah melaksanakan pelunasan biaya ujian, belum tercatat sebagai peserta PMBP-ITB 2011 dan belum mendapat tempat untuk melaksanakan ujian seleksi PMBP-ITB 2011 .
3. Biaya pelaksanaan ujian bagi calon peserta adalah sebesar Rp. 650.000,00 (Enam Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), dibayarkan di BNI, melalui mekanisme "Student Payment Center (SPC) ". Calon peserta harus melunasi biaya ujian, paling lambat 3 (tiga) hari setelah pelaksanaan pendaftaran online. Pembayaran biaya ujian dapat dilaksanakan dari seluruh cabang BNI di seluruh Indonesia, ATM BNI, atau Internet Banking BNI. Sebelum melaksanakan pelunasan biaya ujian, peserta tidak dapat melaksanakan finalisasi pendaftaran PMBP-ITB 2011 di situs pendaftaran online PMBP-ITB 2011.
1. Pembayaran biaya ujian dengan menggunakan ATM BNI :
1. Masukkan kartu ATM & Isi PIN BNI
2. Pilih Menu “Pembayaran”
3. Pilih Menu “Universitas”
4. Pilih Menu “Student Payment Center”
5. Masukkan kode ITB (9007) & no. Formulir
6. Proses Transaksi
7. Ambil Struk Transaksi (berisi no. PIN PMBP-ITB)
2. Pembayaran biaya ujian melalui Teller/Kasir di cabang BNI di seluruh Indonesia :
1. Informasikan kepada Teller bahwa calon peserta akan melakukan pembayaran melalui menu Student Payment Center dan mencantumkan no. Formulir PMBP-ITB
2. Teller akan melakukan Entry no. Formulir PMBP-ITB dan memberikan nota pelunasan yang berisi no. PIN PMBP-ITB
3. Pembayaran biaya ujian melalui internet banking BNI :
1. Login ke https://www.bni.co.id
2. Klik menu “Pembayaran”
3. Klik menu “Biaya Pendidikan”
4. Klik “Informasi Tagihan” atau “Pembayaran”
5. Pilih “ITB” pada daftar universitas
6. Masukkan no. Formulir PMBP-ITB
7. Proses transaksi dengan no. e-Secure BNI
8. Cetak nota transaksi berisi no. PIN PMBP-ITB
4. Untuk keperluan pelaksanaan pendaftaran peserta ujian PMBP-ITB 2011, calon peserta ujian harus menyerahkan dokumen-dokumen persyaratan pendaftaran PMBP-ITB 2011 sebagai berikut, paling lambat 3 (tiga) hari setelah finalisasi data diri peserta di situs pendaftaran online PMBP-ITB 2011, di alamat Panitia Pelaksana PMBP-ITB 2011, di lokasi ujian yang dipilih peserta yang bersangkutan:
1. Menyerahkan print out final formulir online Pendaftaran PMBP-ITB 2011 dari situs USM-ITB 2011 Terpadu .
2. Menyerahkan 2 lembar fotocopy bukti transfer pelunasan biaya Pendaftaran PMBP-ITB 2011 . Nama calon peserta harus dicantumkan di kedua lembar fotokopi bukti transfer tersebut.
3. Bagi calon peserta dengan tahun ijazah 2009 dan 2010, menyerahkan 1 (satu) lembar fotokopi Ijazah SMA yang dilegalisasi oleh sekolah.
4. Bagi calon peserta dengan tahun ijazah 2009 dan 2010, menyerahkan 1 (satu) lembar fotokopi Surat Tanda Kelulusan (STL/STK) yang dilegalisasi oleh sekolah.
5. Menyerahkan 1 (satu) lembar fotokopi akte kelahiran yang dilegalisasi oleh catatan sipil/notaris. Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenisnya tidak dapat digunakan.
6. Bagi calon peserta dengan tahun ijazah 2011, menyerahkan surat keterangan dari sekolah (berfoto dan dicap sekolah) asli, yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan merupakan pelajar kelas 3 di sekolah tersebut dan merupakan peserta UN 2011. Surat keterangan dari sekolah tersebut harus sesuai dengan format yang telah disediakan ITB.
7. Khusus bagi calon peserta dengan Ijazah yang bukan berasal dari salah satu SLTA di Indonesia, menyerahkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari DEPDIKNAS.
8. Khusus bagi calon peserta yang berasal dari SLTA Internasional, diharuskan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari DEPDIKNAS atau Surat Keterangan dari sekolah yang menyatakan keikutsertaan calon mahasiswa yang bersangkutan di Ujian Nasional (UN).
9. Menyerahkan 4 (empat) buah pasfoto terbaru ukuran 4 x 6 cm hitam putih dengan berpakaian sopan dan rapih.
10. Menyerahkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna asli dari dokter spesialis mata, bagi calon mahasiswa yang pilihan fakultasnya mengandung SITH, SF, dan/atau FSRD. Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter umum/non spesialis mata, tidak dapat dipergunakan. Surat Keterangan Tidak Buta Warna tersebut harus sesuai dengan format yang telah disediakan ITB.
11. Menyerahkan Surat Kesediaan Pembayaran BPM yang telah ditandatangani orang tua calon peserta di atas meterai Rp. 6.000,00.
12. Menyerahkan Perjanjian Mengikuti Tata Tertib PMBP-ITB 2011 yang telah ditandatangani calon peserta diatas meterai Rp. 6.000,00
5. Seluruh Format Berkas Pendaftaran Peserta PMBP-ITB 2011 yang diperlukan, dapat didownload disini.
6. Calon peserta dapat melaksanakan penyerahan dokumen kelengkapan dengan dua cara:
* Menyerahkan secara langsung (tidak mengirimkan melalui Pos/Jasa Kurir) dokumen-dokumen kelengkapan pendaftaran PMBP-ITB 2011 kepada Panitia Pelaksana PMBP-ITB 2011. Panitia Pelaksana PMBP-ITB 2011 akan menyerahkan Lembar Bukti Penyerahan Kelengkapan Dokumen PMBP-ITB 2011, yang harus dibawa oleh peserta yang bersangkutan, saat melaksanakan Pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian. Penyerahan dokumen kelengkapan pendaftaran PMBP-ITB 2011 di alamat Panitia Pelaksana PMBP-ITB 2011 dapat dilaksanakan sendiri atau diwakilkan, dan tidak dapat dilakukan secara kolektif. Penyerahan dokumen dilaksanakan di alamat berikut :
o Loket Direktorat Pendidikan ITB
o up. Kasubdit Penjaringan Mahasiswa
o Gd. CCAR ITB lt. 1, Jl. Tamansari no. 64 Bandung 40116
* Mengirimkan dokumen-dokumen kelengkapan pendaftaran PMBP-ITB 2011 melalui Pos/Jasa Kurir kepada Panitia Pusat PMBP-ITB 2011 ke alamat berikut:
o Kantor Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan
o Direktorat Pendidikan ITB
o up. Kasubdit Penjaringan Mahasiswa
o Gd. CCAR ITB lt. 4, Jl. Tamansari no. 64 Bandung 40116
* Bila penyerahan dokumen dilaksanakan melalui Pos/Jasa Kurir kepada Panitia Pusat PMBP-ITB 2011, Lembar Bukti Penyerahan Kelengkapan Dokumen PMBP-ITB 2011 akan dikirimkan ke alamat e-mail peserta yang bersangkutan.
* Panitia PMBP-ITB 2011 tidak menerima penyerahan dokumen kelengkapan pendaftaran melalui e-mail dan/atau faksimili.
7. Pendaftaran calon peserta PMBP-ITB 2011 baru dianggap selesai setelah calon peserta menyerahkan seluruh persyaratan dokumen yang diminta ke Panitia PMBP-ITB 2011 dan menerima Lembar Bukti Penyerahan Kelengkapan Dokumen dari Panitia PMBP-ITB 2011.
8. Sebelum pelaksanaan ujian PMBP-ITB 2011, calon peserta diharuskan datang sendiri (tidak dapat diwakilkan) untuk melaksanakan pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian PMBP-ITB 2011, di waktu dan tempat yang telah diinformasikan di Lembar Bukti Penyerahan Kelengkapan Dokumen dari Panitia PMBP-ITB 2011 .



Jadwal kegiatan pendaftaran calon peserta PMBP-ITB secara on-line adalah sebagai berikut:

* Pendaftaran calon peserta di situs On-Line PMBP-ITB 2011 : 1 Februari s.d. 31 Maret 2011
* Pembayaran Biaya Pelaksanaan Biaya Ujian: Paling lambat 3 (tiga) hari, setelah pendaftaran peserta secara on-line di situs On-Line PMBP-ITB 2011
* Penyerahan Berkas Persyaratan Peserta Ujian: paling lambat 3 (tiga) hari setelah finalisasi data diri peserta di situs pendaftaran online PMBP-ITB 2011, antara tanggal 1 Februari s.d. 1 April 2011
* Pengambilan Kartu Tanda Peserta PMBP-ITB 2011 : Sesuai dengan informasi yang tercantum di Lembar Bukti Penyerahan Kelengkapan Dokumen dari Panitia PMBP-ITB 2011
* Pelaksanaan Ujian : 30 April - 1 Mei 2011
* Pengumuman Hasil Ujian : Pertengahan Mei 2011, di situs resmi ITB (http://www.itb.ac.id/)



Keterangan:

* Calon peserta dapat memilih 3 (tiga) fakultas/sekolah dari seluruh fakultas/sekolah yang ditawarkan di ITB, tidak terbatas pada jalur ujian.
* Calon peserta dapat memilih salah satu, dua, atau ketiga jalur ujian yang disediakan.
* Calon peserta yang memilih kombinasi dari beberapa jalur ujian, harus memenuhi seluruh syarat yang ditentukan untuk masing-masing jalur ujian yang dipilihnya.

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

  © Kolom Panduan by Good Bloggers

Back to TOP