Latihan Soal UN SMP 2011

>> Saturday, December 18, 2010

Pemerintah dan Badan Standar Pendidikan Nasional telah siap dengan formula baru penilaian kelulusan siswa dari satuan pendidikan. Untuk itu, pelaksanaan ujian nasional tahun ajaran 2010/2011 hanya dilaksanakan satu kali pada bulan Mei 2011.

Ujian nasional (UN) utama untuk SMP dijadwalkan pada minggu kedua Mei 2011. Adapun UN susulan bagi mereka yang belum mengikuti UN utama dilaksanakan satu minggu kemudian. Pada tahun ini UN ulangan ditiadakan. Adapun ujian sekolah diadakan sebelum pelaksanaan UN.

Di sementara daerah seperti halnya di Jawa Timur hasil ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTs tahun 2010 menunjukkan sebanyak 35.567 siswa gagal dalam UN utama dan susulan. Secara umum, tingkat kelulusan di Jatim hanya 93,34 persen.

Faktor yang berpengaruh dalam ketidaklulusan ini adalah mata pelajaran Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika. Dalam catatan Dinas Pendidikan Jatim, sebanyak 30.915 siswa gagal dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, 28.161 pada Matematika, 26.578 pada IPA, dan terakhir 15.725 pada Bahasa Indonesia. Para siswa akan menjalani UN ulangan pada 17-20 Mei 2010.

Rendahnya hasil UN siswa SMP terbuka dituding sebagai penyebab tingginya angka ketidaklulusan ini. "Dari 288 SMP terbuka di Jatim, di 27 sekolah kelulusannya 0 persen. Karena itu, perlu peningkatan pengelolaannya.

Di Jatim, kelulusan nol persen juga terjadi di 23 SMP dan 4 madrasah tsanawiyah. Adapun ketidaklulusan siswa SMP Jatim 7,011 persen, MTs 4,714 persen, dan SMP terbuka 28,926. Ayo kita tingkatkan hasil kelulusan UN SMP/MTs tahun 2011 dengan berlatih soal!

Latihan Soal UN SMP 2011 (sesuai dengan mata pelajaran UN SMP 2011) adalah sebagai berikut :



  1. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
    (Ilmu pengetahuan alam (IPA) atau Sains dalam arti sempit merupakan disiplin ilmu yang terdiri dari physical sciences (ilmu fisik) dan life sciences (ilmu biologi). Yang termasuk physical sciences adalah ilmu-ilmu astronomi, kimia, geologi, mineralogi, meteorologi, dan fisika, sedangkan life science meliputi anatomi, fisiologi, zoologi, citologi, embriologi, mikrobiologi.

    Pelajaran IPA di SMP/MTs berupaya membangkitkan minat siswa/siswi agar mau meningkatkan kecerdasan dan pemahamannya tentang alam seisinya yang penuh dengan rahasia yang tak habis-habisnya.)


  2. Bahasa Indonesia
    (Salah satu materi Bahasa Indonesia yang diajarkan di SMP/MTs adalah fonologi. Fonologi berbeda dengan fonetik. Fonetik mempelajari bagaimana bunyi-bunyi fonem sebuah bahasa direalisasikan atau dilafazkan. Fonetik juga mempelajari cara kerja organ tubuh manusia, terutama yang berhubungan dengan penggunaan bahasa. Terdiri dari, huruf vokal, konsonan, diftong (vokal yang ditulis rangkap), dan kluster (konsonan yang ditulis rangkap)


  3. Bahasa Inggris
    (Tata bahasa Inggris memiliki variasi dalam struktur dan penggunaannya, itu tergantung tradisi yang digunakan oleh suatu negara yang dipengaruhi oleh bahasa asli dari negara tersebut. Secara umum, tata bahasa yang dipedomani adalah tata bahasa Inggris Amerika dan Inggris Britania Raya (British). Salah satu meteri penting dalam UN SMP/MTs adalah pengajaran tenses dan listening skills)


Download Latihan Soal UN SMP 2011




  1. Latihan Soal UN SMP/MTs 2011 - Paket Pertama

  2. Latihan Soal UN SMP/MTs 2011 - Paket Kedua

  3. Latihan Soal UN SMP/MTs 2011 - Paket Ketiga

  4. Latihan Soal UN SMP/MTs 2011 - Paket Keempat

  5. Latihan Soal UN SMP/MTs 2011 - Paket Kelima



Latihan Soal UN SMP 2011 Paket Pertama dibuat oleh tim praktisi pendidikan yang terdiri dari para guru atau pun konsultan. Latihan ini terdiri dari Mata Pelajaran yang akan diujikan pada UN SMP/MTs 2011 yang terdiri dari Mata Pelajaran IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Silakan manfaatkan oleh Anda sebaik-baiknya, kami berharap Anda sukses!

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

  © Kolom Panduan by Good Bloggers

Back to TOP