SPMB Unsoed 2010

>> Sunday, April 11, 2010


Salam sukses untuk Adik-adik kelas XII yang baru selesai berjuang dalam Ujian Nasional semoga semua lulus dengan hasil sesuai harapan (baik atau sangat baik :) tentu kami sangat berharap semoga Adinda semua lulus dengan hasil yang baik. Hal ini tidak berarti Anda terlena karena tugas masih banyak diantaranya adalah mengikuti SPMB Unsoed 2010 yaitu Ujian Mandiri untuk masuk Universitas Jenderal Soedirman di Purwokerto Jawa Tengah. Informasi ini tentu saja berlaku juga untuk alumni SMA / MA / SMK Lulusan 2009 dan 2008.


Umum


Lulusan SMA yang hendak mengikuti ujian lokal atau seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, tak perlu lagi harus mendatangi kampus di Grendeng Purwokerto. Hal ini dimungkinkan karena mulai tahun ini, panitia penerimaan mahasiswa baru (PMB) Unsoed mulai menerapkan sistem online.



”Dengan sistem online tersebut, para calon mahasiswa bisa mengisi formulir pendaftaran melalui internet dengan membuka situs spmb.unsoed.ac.id,” ujar Pembantu Rektor I Unsoed, Nurul Anwar PhD.


Program SPMB Unsoed secara online tersebut, diluncurkan Rektor Unsoed Prof Dr Soedjarwo, Rabu (31/3).


Nurul menyebutkan, pendaftaran SPMB Unsoed secara online mulai dilaksanakan 1 April hingga 16 April 2010. ”Pada rentang waktu tersebut, calon mahasiswa Unsoed bisa mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran di situs spmb.unsoed.ac.id, kemudian mencetak bukti pendaftaran,” jelasnya.


Sedangkan untuk biaya pendaftaran, bisa disetorkan ke semua kantor cabang bank BNI 46. Setelah mendapat bukti pembayaran dari bank, calon mahasiswa harus melakukan verifikasi pendaftaran melalui internet dengan memasukkan bukti pembayaran tersebut.


Adapun mengenai lokasi ujian, panitia SPMB Unsoed menyiapkan tujuh lokasi di tujuh kota. Yakni, kampus Unsoed di Purwokerto, SMA Negeri 1 Tegal, SMA Islam Al Azhar Cirebon, SMA Negeri 1 Bekasi, SMA Negeri 6 Bogor, SMA Negeri 1 Tasikmalaya, dan SMA Negeri 1 Ciamis.


”Ujian SPMB ini akan dilaksanakan tanggal 18 April 2010. Sedangkan pengumuman hasil ujian, akan diumumkan 11 Mei 2010,” jelas Nurul.


Disinggung kemungkinan sistem akan ‘hang’, karena banyaknya calon mahasiswa yang mendaftar pada saat bersamaan, staf divisi operasional UPT puskom (unit pelaksana teknis komputer) Unsoed, Didin Samsudin, menyatakan hal itu tidak akan terjadi. ”Dengan sistem yang kami siapkan, server tidak akan ‘hang’, meskipun pada saat bersamaan ada 8.000 orang yang mengakses website spmb.unsoed.ac.id,” jelasnya.



Nurul menambahkan, untuk tahun 2010 ini, pihak Unsoed akan menerima sekitar 5.913 calon mahasiswa dari berbagai program studi. Jumlah mahasiswa sebanyak itu akan diterima melalui 3 jalur.


Selain SPMB yang merupakan ujian penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan Unsoed sendiri, pihak panitia SPMB juga menerima mahasiswa baru melalui proses penerimaan melalui sistem penelusuran minat dan bakat dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN). ”Masing-masing jalur tersebut, dialokasikan sekitar 30 persen,” tegasnya.


Prosedur Pendaftaran Online


Berikut ini adalah alur pendaftaran SPMB Online UNSOED :


alur-pendaftaran-online-spmb-unsoed-2010


Calon Peserta sebelum mengisi pendaftaran online HARUS memperhatikan beberapa hal berikut :

1. Pendaftaran dimulai tanggal 1-16 April 2010 &akan ditutup pada hari Jumat,16 April 2010 pukul 15.00

2. Peserta mempersiapkan KTP/SIM/KK, prodi pilihan,pilihan BOPP

3. Peserta mencetak bukti pendaftaran untuk mendapatkan ID Pendaftaran


4. Peserta menyerahkan hasil cetak ID Pendaftaran dan melakukan pembayaran ke BNI 46 melalui menu SPC kemudian peserta akan mendapatkan PIN. Simpan baik-baik PIN yang Anda miliki. PIN ini digunakan untuk melakukan pendaftaran secara lengkap hingga mencetak kartu peserta. PIN,lokasi panitia lokal dan kelompok ujian akan tercetak pada bukti pembayaran, PIN ini akan digunakan sebagai login untuk mengupdate biodata calon peserta.

5. Untuk mempercepat proses pengisian Biodata online sebaiknya peserta sudah mempersiapkan :


a. Data pribadi lengkap

b. Data asal pendidikan (Ijasah,Nilai UN/Transkrip)

c. Data pribadi orang tua/wali (alamat,penghasilan)

d. Pilihan Program studi dan kemampuan besarnya BOPP

e. Men?scan pas foto berwarna 4×6 dengan ukuran maksimal 100 kbyte dan format JPG atau JPEG. Pas foto harus menggunakan pakaian dan pose formal untuk kebutuhan akademik.


6. Pengisian Biodata hanya diijinkan SATU KALI saja dan tidak diberikan fasilitas EDIT(perubahan/perbaikan) jika peserta telah melalui tahap submit/persetujuan.

7. Setelah pengisian biodata,maka peserta mencetak BOPP,bermaterai dan ditanda tangani oleh orang tua/wali


8. Peserta wajib mencetak kartu peserta ujian dan ditanda tangani oleh peserta (berukuran kertas berukuran A4)

9. Pengumuman tempat ujian dapat dilihat di http://spmb.unsoed.ac.id H-1 (tgl 17 April 2010) sebelum ujian.

10. Pengembalian berkas pendaftaran akan dilakukan satu jam sebelum ujian dimulai. Peserta diwajibkan membawa kartu peserta ujian,kartu identitas asli yang digunakan untuk mendaftar(KTP/SIM/KK),Fotocopy ijasah yang dilegalisir (untuk lulusan 2008/2009), Fotocopy kartu UN/Surat keterangan Kepala Sekolah (lulusan 2010),pernyataan BOPP,dimasukan ke dalam stopmap (warna merah IPA,kuning IPS dan hijau IPC) pada stopmap diberi identitas,nomor spmb,nama dan pilihan jurusan

Ujian dilaksanakan pada 18 April 2010.


PERSYARATAN

Peserta yang dapat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru program S-1 melalui jalur SPMB LokaL Gel. 1 harus memenuhi persyaratan sbb:


1. Warga Negara Republik Indonesia atau warga negara asing.

2. Tidak mempunyai ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran studi pada program studi pilihannya.


3. Mengisi form pendaftaran,mencetak ID Pendaftaran,membawa hasil cetak ID Pendaftaran ke Bank BNI

4. Membayar biaya pendaftaran dengan membawa hasil cetak ID Pendaftaran, melalui menu SPC di bank BNI 46

5. Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan pilihan tempat ujian dengan ketentuan

* 1. Purwokerto sebesar Rp 185.000,- (Seratus delapan puluh lima ribu rupiah), pendaftaran di Purwokerto.

* 2. Tegal, Cirebon, Bekasi, Bogor, Tasik dan Ciamis sebesar Rp 275.000,- (dua ratus tujuh puluh lima ribu rupiah

6. Login Pendaftaran dengan mengisi biodata peserta,data pendidikan,data orang tua


7. Meng-upload foto maks 100 Kb,Mencetak Form BOPP (disertai materai dan ditandatangani oleh orang tua/wali),mencetak kartu peserta

8. Bagi yang mengambil Program Studi Kelompok IPA tidak buta warna.

9. Peserta ujian yang belum memiliki STK/STTB (calon lulusan tahun 2010), dapat mendaftar dengan menggunakan surat keterangan Kepala Sekolah/foto copy kartu Ujian Akhir Sekolah/Ujian Akhir Nasional.

10. Lulusan tahun 2008 dan 2009 harus membawa foto copy Ijazah / STTB sudah dilegalisir.

11. Pada saat ujian Membawa tanda pengenal asli yang digunakan saat registrasi(KTP, SIM, atau KK), Fotocopy ijasah yang dilegalisir (untuk lulusan 2008/2009), Fotocopy kartu UN/Surat keterangan Kepala Sekolah (lulusan 2010),pernyataan BOPP yang telah bermaterei dan ditanda tangani oleh orang tua atau wali,kartu peserta dimasukan ke dalam stopmap (warna merah IPA,kuning IPS dan hijau IPC) pada stopmap diberi identitas,nomor spmb,nama dan pilihan jurusan.

12. Berperilaku dan berpakaian sopan.


13. Pengembalian berkas pendaftaran dilakukan satu jam sebelum ujian.


Langkah-langkah pengisian SPMB Online



1.      Halaman Utama


Bukalah website pendaftaran spmb online Unsoed alamatnya http://spmb.unsoed.ac.id. Berikut ini merupakan tampilan awal Pendaftaran SPMB Online pada situs http://spmb.unsoed.ac.id


Gambar 1


 



1.      Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran,calon peserta harus melalui beberapa tahap dan harus mengklik terlebih dahulu menu  Pendaftaran Peserta.

 

Selanjutnya akan muncul tampilan berikut:

Gambar 3

 

Dan pilihlah menu Daftar Sekarang untuk masuk ke form pendaftaran


Tampilan selanjutnya adalah muncul tampilan pilihan kategori yang dinginkan (IPA,IPS,IPC) seperti berikut ini


 

 


Setelah mengklik tombol pilih, maka dilanjutkan dengan form pengisian pemilihan prodi,lokasi ujian dan identitas.

1.      Pemilihan Prodi,Lokasi Ujian dan Mengisi Identitas

Setelah memilih kategori,maka langkah selanjutnya yaitu calon peserta harus melakukan pemilihan prodi,lokasi ujian dan mengisi identitas. Berikut ini adalah tampilan dari pemilihan prodi,lokasi ujian dan pengisian identitas


 


Pada tahap ini semua isian wajib diisi.

a.      Pilihan Program Studi

Prodi yang akan muncul adalah sesuai dengan kategori yang dipilih sebelumnya dan setiap prodi terdapat pula pilihan BOPP (Besarnya BOPP tidak mempengaruhi diterima atau tidaknya peserta menjadi calon mahasiswa UNSOED)

b.      Lokasi Ujian

Lokasi ujian yang disediakan antara lain di Purwokerto,Cirebon,Ciamis,Tasikmalaya,Bogor,Tegal,Bekasi. Calon peserta dapat memilih lokasi ujian yang diinginkan. Pilihan lokasi ujian mempengaruhi biaya pendaftaran. Untuk UNSOED IDR 185.000,00 dan selain Purwokerto, IDR 275.000,00. Dimana biaya pendaftaran dibayarkan ke BNI terdekat melalui menu SPC.

c.       Pengisian Identitas


Untuk pengisian Identitas,semua kolom wajib diisi. Jenis Identitas yang diisikan dapat berupa KTP/KK/SIM, nomor identitas wajib min 14 digit. Kartu identitas yang digunakan untuk mendaftar ini diwajibkan dibawa saat pengecekan berkas pendaftaran (1 jam sebelum ujian dimulai). Untuk tahun lulus SLTA,maka sesuaikan dengan tahun lulus Anda,jika calon peserta adalah calon lulusan tahun 2010,yang belum mendapat surat keterangan lulus,maka pilihlah Siswa Semester akhir tahun 2010

d.      Setelah lengkap mengisi semua kolom isian,maka calon peserta jangan lupa untuk mengklik tombol Daftar

 

2.      Konfirmasi Pendaftaran


Jika Anda telah mengklik tombol Daftar pada tahap pemilihan prodi,lokasi ujian dan pengisian Identitas maka calon peserta selanjutnya akan dihadapkan pada halaman konfirmasi pendaftaran. Berikut ini halaman konfirmasi pendaftaran


 

Konfirmasi pendaftaran ini menyatakan bahwa seluruh data yang telah dientrykan adalah BENAR adanya. Namun, jika ada kesalahan maka dapat kembali ke tahap sebelumnya (pengisian prodi,lokasi ujian dan identitas). Jika calon peserta telah yakin bahwa data yang diisikan pada lembar sebelumnya adalah BENAR maka calon peserta harus mengklik tombol Saya Setuju


3.      Informasi ID Pendaftaran Untuk Melakukan Pembayaran ke BNI 46

Setelah mengklik tombol Saya Setuju maka Halaman selanjutnya adalah akan muncul tampilan informasi ID Pendaftaran,ID Pendaftaran ini yang selanjutnya akan digunakan sebagai login untuk melengkapi biodata calon peserta. Lembar ini harus dicetak dengan mengklik tombol Cetak dan dibawa pada saat melakukan pembayaran ke BNI 46(melalui menu SPC). Berikut ini adalah halaman Informasi ID Pendaftaran.



 

Pada gambar di atas merupakan bentuk dari ID Pendaftaran,lembar ini harus dicetak dengan mengklik tombol Cetak kemudian akan muncul file bertype .pdf (file .pdf ini yang dicetak) dan bawalah hasil cetak kartu pendaftaran pada saat Anda melakukan pembayaran ke Bank BNI.


4.      Hasil Cetak Kartu Pendaftaran

Berikut ini merupakan tampilan dari hasil cetak dari lembar informasi ID Pendaftaran (Kartu Pendaftaran),kartu ini yang wajib dibawa ke Bank BNI saat melakukan pembayaran


 


 




Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

  © Kolom Panduan by Good Bloggers

Back to TOP