Pelaksanaan UN Paket C, B, A, Periode II - Bulan November

>> Wednesday, August 18, 2010

Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar membuka pendaftaran ujian nasional (UN) Paket C, B, dan A periode II tahun 2010 hingga 25 Agustus mendatang. UN akan dilaksanakan bulan November mendatang.

"Kami sudah membuka pendaftaran UN Paket C, B, dan A sejak tanggal 10 Agustus," ungkap Kepala Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) Disdik Jabar, Drs. Kamarul Bachri yang ditemui di kantornya, akhir pekan lalu.

Disebutkan Kamarul, UN Paket C, B, dan A diperuntukkan bagi masyarakat luas. Sebelum mengikuti UN Paket C, B, dan A, mayarakat harus menjadi warga belajar dan terdaftar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di daerahnya masing-masing.

"Setidaknya dengan menjadi warga belajar, mereka telah mendapat pendidikan atau pengetahuan minimal tiga bulan sebelum ujian." ujarnya.

UN Paket C, B, dan A ini diperuntukan bagi siapa pun yang mengalami gagal pada UN sekolah formal maupun yang gagal UN ulang. Memang, bagi siswa yang gagal UN sudah difasilitasi dengan UN ulangan.

"Namun tidak semua siswa yang ikut UN ulang dan ada pula yang tidak lulus UN ulang. Karena itu, pemerintah memfasilitasinya dengan UN Paket C, B, dan A periode I dan II," ujarnya.

Menurut Kamarul, peserta UN Paket C, B, dan A periode II diprediksi banyak berasal dari pondok pesantren. Hal ini dikarenakan jadwal pendidikan di pondok pesantren berbeda dengan jadwal pendidikan sekolah formal.

"Kemungkinan peserta dari pondok pesantren akan mendominasi peserta UN Paket C, B, dan A periode II. Namun kami pun sudah termasuk peserta dari warga belajar dari PKBM-PKBM di Jabar," ujarnya.

Mengenai naskah soal ujian maupun lembar jawaban, Kamarul mengatakan, sudah dipersiapkan dan sekarang tinggal menunggu jumlah peserta ujian. Proses pembuatan naskah soal maupun lembar jawaban serta persiapan lainnya sudah dilakukan sejak pelaksanaan UN Paket C, B, dan A periode I selesai.

"Saat ini, kami hanya tinggal menunggu jumlah pasti peserta ujian yang baru akan diketahui setelah pendaftaran ditutup," ujarnya.

Sementara hasil kelulusan UN Paket C di Jabar untuk periode I mencapai 91,66% dari jumlah peserta 24.515 orang. Sedangkan Paket B mencapai 88,64% dari jumlah peserta 20.436 orang dan Paket A mencapai 87,50% dari jumlah peserta 3.255 orang.

Menurut Kamarul, tingkat kelulusan UN Paket C, B, dan A untuk periode I ini jauh lebih baik dari tahun lalu untuk periode yang sama. "Bahkan, tahun ini tingkat kelulusan sedikit ada kenaikan dari periode yang sama dari tahun lalu," ujarnya.

Kamarul pun berharap, untuk periode II ini tingkat kelulusan akan jauh lebih baik dari periode I. "Ya, kita sangat berharap untuk periode II tingkat kelulusan lebih baik dari sebelumnya," ungkapnya.

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

  © Kolom Panduan by Good Bloggers

Back to TOP